hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

11 Agustus 2016, 01:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Tbk, Ariesman Widjaja dituntut 4 tahun penjara dan denda Rp 250 juta susbsider enam bulan penjara terkait dengan kasus dugaan korupsi.

"Menuntut Ariesman Widjaja dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda Rp 250 juta subsidair 6 bulan kurungan dan memerintahkan agar terdakwa tetap ditahan," ujar anggota tim jaksa KPK Ali Fikri, membacakan tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2016.

Selain Ariesman, dalam perkara yang sama, mantan asisten pribadinya, Trinanda Prihantono dituntut 3 tahun 6 bulan penjara dengan denda 200 juta subsider enam bulan penjara.

Keduanya didakwa terlibat dalam kasus suap pembahasan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Mereka dituduh memberikan suap sebesar Rp2 miliar kepada Mohammad Sanusi yang menjabat Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta saat itu.

Seusai sidang, Ariesman maupun Trinanda juga tidak memberikan pernyataan ketika ditanya wartawan mengenai perkara yang membelit mereka berdua. Namun, kuasa hukum Ariesman, Adardam Achyar menilai tuntutan jaksa terlalu tinggi karena uang yang diterima Sanusi dari Ariesman bukan suap.

"Tentu saja kami keberatan, tidak ada satupun alat bukti yang bisa membuktikan bahwa pemberian uang itu untuk percepatan pembahasan raperda," katanya.

Pihaknya pun kemudian akan mengajukan keberatan pada sidang pembelaan yang rencananya digelar 22 Agustus mendatang.

Sebelumnya, Sebelumnya, Ariesman telah didakwa menyuap Sanusi melalui stafnya, Trinanda Prihantoro sebesar Rp2 miliar. Suap diberikan terkait pasal kontribusi tambahan 15 persen yang dibahas dalam Raperda yang mengatur soal proyek reklamasi di Teluk Jakarta tersebut.

REBECCA TUMBEL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments