hero
Calon Jemaah Haji Indonesia. (NET/Endro)

EDITOR : OCTOBRYAN

10 Agustus 2016, 00:20 WIB

INDONESIA

Keterlambatan penerbitan visa haji sering kali menjadi masalah dalam penyelenggaraan haji tiap tahunnya. Di beberapa daerah masih terdapat keterlambatan pengurusan visa hingga menyebabkan tertundanya keberangkatan calon haji menuju tanah suci Mekkah. persoalan ini menjadi penting karena visa merupakan salah satu syarat agar jamaah haji dapat berangkat ke tanah suci.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kemenag Sofwan Abdul Jani mengakui memang terdapat banyak kendala dalam pengurusan dokumen haji.

"Ya kami akui ada beberapa yang terlambat. Hal ini karena kita harus berhubungan dengan Arab Saudi," jelas Sofwan dalam sambungan telepon dengan NETZ, Selasa, 9 Agustus 2016.

Sofwan menjelaskan, otoritas Arab Saudi sejak tahun lalu menerapkan sistem e-Hajj untuk tiap negara. Sistem baru ini diterapkan untuk memberi kepastian bagi jemaah haji di Arab agar mendapatkan kepastian akomodasi, transportasi, penginapan dan hal terkait ibadah haji. Tapi belakangan, hal itu justru memicu keterlambatan sejumlah negara untuk memberangkatkan calon jemaah hajinya karena terkendala belum keluarnya visa dari Arab Saudi. Bahkan hal itu terulang sampai musim haji 2016 ini.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar masalah visa ini segera teratasi," tambahnya.

Keterlambatan visa haji tahun 2016 masih terjadi di beberapa daerah Indonesia. Seperti di Propinsi Bengkulu, dari 1292 calon jemaah haji yang akan berangkat, sebanyak 127 calon jemaah haji terpaksa menunda keberangkatan karena belum mendapat visa. 

Hal serupa terjadi Surabaya, dari 28.676 calon jemaah haji yang terbagi dalam 64 kloter, sebanyak 14.500 visa atau hampir lima puluh persen dari total jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci belum mendapatkan visa. 

Permasalahan ini terjadi juga di Kabupaten Karang Anyar, Propinsi Jawa Tengah. Ratusan visa calon jemaah haji kloter 56 masih dalam proses pengurusan verifikasi di tingkat Propinsi, hingga menyebabkan keterlambatan.

ANGGA EKA | ENDRO DWIRAWAN | JULI SUSANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments