hero
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindakan Kekerasan Haris Azhar sedang melakukan konferensi pers\NET. Tim Liputan

EDITOR : REZA ADITYA

10 Agustus 2016, 16:25 WIB

INDONESIA

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Haris Azhar, meminta Presiden Joko Widodo turun tangan dalam menyelidiki pengakuan terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman kepadanya. Haris bahkan mendesak Presiden membuat tim independen dalam kasus ini.

"Presiden harus turun tangan," kata Haris, di Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2016. 

Sebelumnya, Polri sudah terlebih dulu membentuk tim independen untuk menginvestigasi cerita Freddy Budiman yang disampaikan  Haris. Tim independen itu dipimpin oleh Inspektur Pengawasan Umum Komisaris Jenderal Dwi Priyatno.

Anggota dalam tim independen itu diisi antara lain oleh anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indary; Direktur Eksekutif Setara Insitute, Hendardi dan pakar komunikasi politik Universitas Indonesia, Effendi Ghazali.

Tugas tim independen ini adalah menginvestigasi cerita Freddy kepada Haris yang menyebut adanya keterlibatan oknum aparat TNI, Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Bea Cukai dalam peredaran narkoba.

Dua institusi lain, TNI dan BNN juga membentuk tim investigasi dan independen untuk menyelidiki keterlibatan anggotanya. Namun, tim investigasi dan independen itu seperti jalan di tempat.

Haris tak ingin tim independen itu hanya dibentuk Polri, TNI dan BNN. Dia juga meminta Presiden membentuk tim independen sebagai pengawas yang netral.  

"Jadi tim yang di masing masing institusi ini tetap, jadi mau kerja nanti bisa sinergis dengan tim yang sifatnya lebih memayungi tim dari kepresidenan," kata Haris. "Karena informasi yang diungkapkan oleh Freddy ke saya itu informasi yang menggambarkan bagaimana dari dulu ke hilir barang itu terdistribusi."

DELVIANA AZARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments