hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 Agustus 2016, 05:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Ada banyak negara maju dan tentunya kaya yang ada di dunia. Kekayaan alam yang melimpah didukung dengan sistem ekonomi yang baik menjadi faktor utama negara-negara tersebut memiliki perekonomian yang keren. Berikut sembilan negara terkaya di dunia dilihat berdasarkan GDP (Gross Domestic Product) negara tersebut per tahunnya yang dirangkum oleh NET.Z dari Presroomvip.

QATAR

(Pressroomvip)

Qatar menempati urutan nomor satu dalam deretan negara terkaya di dunia, karena memiliki GDP sangat tinggi yakni sekitar US$ 146.011 per kapita per tahun. Industri eksplorasi minyak menyumbang sebesar 70% dari pendapatan pemerintah. 

SINGAPURA

(Pressroomvip)

Meskipun sebagai negara kecil, namun Singapura memiliki pendapatan per kapita sekitar US$ 84.821 per tahun atau lima kali lipat dari pendapatan rata-rata orang di dunia. Ekonomi Singapura dikenal sebagai salah satu yang paling bebas, paling inovatif, paling kompetitif dan paling dinamis di dunia yang ramah bisnis.

BRUNEI DARUSSALAM

(Pressroomvip)

Bersebelah dengan Indonesia, Brunei adalah negara kaya yang hampir sepenuhnya didukung oleh ekspor dari minyak mentah dan gas alam. GDP per kapita setiap tahunnya mencapai US$ 80.335.

AMERIKA SERIKAT

(Pressroomvip)

Amerika Serikat memiliki populasi sangat besar yakni lebih dari 300 juta orang. Negara adi daya ini memiliki GDP per kapita sekitar US$ 57.045. Industri otomotif menyumbang pendatapan terbesar. Kemajuan disektor teknologi dan sistem demokrasi yang bagus mendorong orang untuk berwirausaha di negara ini.

ARAB SAUDI

(Pressroomvip)

Arab Saudi sebagian besar keberhasilan ekonominya ditopang oleh industri minyak dengan GDP per kapita sebesar US$ 51.924. Arab Saudi memiliki 18% cadangan minyak bumi dan merupakan eksportir terbesar minyak bumi.

BELANDA

(Pressroomvip)

Keberhasilan ekonomis Bekanda berasal dari tiga sektor utama yakni pertambangan, pertanian dan manufaktur. Memiliki jumlah penduduk sekitar 16,8 juta orang, negara yang terkenal karena kincir anginnya ini memiliki GDP per kapita sekitar US$ 47.633.

JERMAN

(Pressroomvip)

Memiliki sekitar lebih 81 juta jiwa, Jerman adalah negara anggota Uni Eropa yang sangat padat penduduknya. Namun, negara ini memiliki GDP relatif tinggi yakni sebesar US$ 46.165 per kapita. Tenaga kerja di sini sangat terampil, modal besar serta tingkat korupsi yang rendah menjadikan negara ini maju.

INGGRIS

(Pressroomvip)

Inggris memiliki GDP per kapita sebesar US$ 39.224. Industri kedirgantaraan menyumpang pendapatan negara tertinggi. Selain itu, sektor pertanian juga ikut menopang perekonomian negara ini.

JEPANG

(Pressroomvip)

Pada 2012, Jepang adalah perekonomian nasional terbesar ketiga di dunia, namun jumlah hutang yang terlalu banyak berpengaruh terhadap GDP-nya. Negara Matahari Terbit ini memiliki jumlah penduduk sekitar 127 juta jiwa dengan GDP per kapita sekitar US$ 38.797. Ekonomi negara ini bergantung pada kemajuan industri otomotif.

PRESSROOMVIP

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments