hero
Michael Phelps (olympic.org)

EDITOR : OCTOBRYAN

8 Agustus 2016, 22:05 WIB

BRASIL

Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps kini tercatat sebagai orang nomor satu dalam daftar atlet peraih medali emas Olimpiade terbanyak sepanjang sejarah. 

Phelps meraih medali emas Olimpiade ke-19 setelah memenangkan lomba renang kategori estafet gaya bebas 4x100 meter di Rio de Janeiro, Brasil, Senin, 8 Agustus 2016.

Pada perlombaan itu, Phelps tampil sebagai fantastis hingga tim AS juara dengan catatan waktu tiga menit, 9,92 detik. Sementara Prancis dan Australia berakhir di urutan kedua dan ketiga.

“Saya pikir jantung saya akan meledak, saya begitu gembira, saya begitu senang usai lomba,” kata Phelps seperti dikutip Reuters.

Dengan tambahan satu medali emas, Phelps semakin menegaskan statusnya sebagai atlet Olimpiade tersukses sepanjang masa. Total dia sudah mengoleksi 23 medali (19 emas, 2 perak, dan 2 perunggu) sejak debut di pesta olahraga terbesar sejagad itu tahun 2000 di Sydney.

Phelps masih berpeluang menambah tiga medali lagi karena akan turun juga di nomor 100 dan 200 meter gaya kupu-kupu serta 200 meter gaya ganti individual putra.

Amerika Serikat sementara ini menduduki peringkat pertama klasemen sementara di Olimpiade 2016 yakni 12 medali (tiga emas, lima perak dan empat perunggu). 

Perolehan tersebut masih akan bertambah lantaran tahun ini mereka mengirim 562 atlet dari 38 cabang olahraga.

DIYAS PRADANA | REUTERS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments