EDITOR : PUTU DYAH

6 Agustus 2016, 15:05 WIB

JAWA TENGAH, INDONESIA

Jangkrik Boss!

Itu jargon sekaligus judul film ‘WARKOP DKI REBORN’ yang terinspirasi dari grup lawak legendaris, Warkop. Tapi kita nggak akan membahas film komedi yang baru rilis tanggal 8 September nanti. Melainkan tentang nasi jangkrik atau sego jangkrik. 

(Foto: Ilustrasi NET/ Vino)

Kedengarannya memang aneh, nasi kok pake jangkrik? Tapi makanan ini benaran ada dan jadi menu khas di sekitar Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah. Kata mereka yang sudah mencoba rasanya enak, menggugah selera dan top banget.

Nama yang unik jadi daya tarik orang-orang untuk mencicipi nasi jangkrik. Padahal mah, nggak ada jangkriknya beneran. Kalau kamu pesan makanan ini, kamu bakal dikasih seporsi nasi hangat dengan lauk daging kerbau bercita pedas gurih.

Nasi dan lauk daging kerbau. (Foto: NET/ Henri Agusta)

Daging dimasak dengan bumbu tradisional seperti cabai merah, bawang putih, lengkuas dan santan. Terus dimasak selama empat jam atau lebih sampai empuk dan bumbunya meresap. Selain isinya, ada lagi yang bikin nasi jangkrik makin mantap. Yaitu penyajiannya yang dibungkus daun jati, membuat aroma nasi jadi lebih sedap.

Nasi jangkrik disajikan dalam porsi kecil. (Foto: NET/ Henri Agusta)

Menurut sejarah, nasi jangkrik adalah makanan favorit Sunan Kudus. Biasanya nasi dibagikan gratis ke masyarakat pada hari Asyuro atau setiap tanggal 10 Muharram. Ini adalah bagian dari tradisi buka Luwur, yaitu kelambu penutup makam Sunan Kudus.

Kalau kamu penasaran sama rasanya, nggak perlu menunggu momen itu. Coba deh jalan-jalan ke kawasan Jalan Sunan Kudus, Jawa Tengah. Di sini ada kedai nasi jangkrik yang buka setiap malam. Harganya juga ramah di kantong, hanya Rp 15 ribu per porsi.

HENRI AGUSTA 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments