hero

EDITOR : REZA ADITYA

5 Agustus 2016, 05:00 WIB

INDONESIA

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kamis, 4 Agustus 2016 malam, melakukan dua penggerebakan di lokasi yang berbeda. Lokasi pertama penggerebekan dilakukan di Hotel Orchard di daerah Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Di sana, petugas BNN menyita 30 kilogram narkoba jenis sabu yang disimpan di atas plafon kamar mandi dan didapat dari lima orang pelaku. Dua pelaku merupakan warga negara asing asal Malaysia.

"Sementara ini kita dapat jaringannya, dua Malaysia, lima orang lagi kami kembangkan dulu," kata Kepala BNN, Komisaris Jenderal Budi Waseso, Kamis, 4 Agustus 2016. "Ini ada 30 bungkus, kurang lebih 30 kilogram ini khusus di Jakarta."

Waseso menilai rencannya sabu itu akan diedarkan khusus di Jakarta. Musababnya, Jakarta merupakan pangsa terbesar dari peredaran barang haram tersebut. "Jadi harus diperhatikan bahwa Jakarta pangsa terbesar, yang lalu kami temukan 270 kilogram. Jakarta benar-benar rawan."

Dari hasil penyidikan sementara, dua warga negara Malaysia itu bernama Michael Anak Jimpo dan Stephen Lau Chiew Yong. Tiga lainnya warga negara Indonesia dan belum diketahui identitasnya. Diduga kelima pelaku ini ingin melakukan transaksi sesaat sebelum penggerebekan.

Lokasi kedua, penggerebekan dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau di Kota Tanjung Pinang. BNN Kepulauan Riau menangkap tangan tiga pelaku saat sedang membongkar ban kendaraan di sebuah ruko di Jalan Gatot Subroto, Tanjung Pinang.

Ruko itu merupakan bengkel yang dijadikan tempat penyamaran pelaku melakukan aksinya. Dalam penggerebekan itu, petugas BNN menemukan  sabu seberat 100 kilogram. BNN menduga shabu itu berasal dari Malaysia. Cara distribusinya adalah menggunakan kapal kayu dan masuk ke Tanjung Pinang melalui pelabuhan tikus untuk mengelabui petugas. 

Kepala BNN Kota Tanjung Pinang Ajun Komisaris Besar Polisi, Hasyim Panggabean membenarkan penangkapan itu. Namun dia enggan banyak berkomentar dan menyebutkan nama ketiga pelaku.

ANDRI PRASETYO | PETRUS TURNIP (KEPULAUAN RIAU)

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments