hero
Samhudi (ketiga dari kiri) tengah melakukan doa bersama jelang vonis\NET.Mohammad Fachmi

EDITOR : REZA ADITYA

5 Agustus 2016, 02:00 WIB

SIDOARJO, INDONESIA

 Majelis hakim Pengadilan Negeri Sidoarjo akhirnya memvonis Muhammad Samhudi, guru yang terkena kasus cubit siswa,  tiga bulan kurungan penjara dan denda Rp 250 ribu dengan masa percobaan selama enam bulan. Samhudi terbukti melanggar Pasal 80 ayat (1) Undang-Undang Perlindungan Anak karena telah melakukan tindak kekerasan terhadap anak muridnya.

"Terbukti secara sah melakukan tindak pidana kekerasan kepada anak," kata ketua majelis Rini Sesuni, saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Kamis, 4 Agustus 2016.

Samhudi merupakan guru Sekolah Menengah Pertama Raden Rachmat, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur. Dia terjerat kasus penganiayaan lantaran mencubit anak muridnya karena tidak mengikuti salat duha pada Februari 2016 lalu.

Orang tua murid tak senang dengan perilaku Samhudi kemudian melaporkan ke polisi. Kasus ini sempat menjadi perhatian publik. Apalagi, ketika orang tua murid dan Samhudi telah melakukan kesepakatan damai. Namun, proses hukum terus berjalan.

Kuasa hukum Samhudi, Priyo Utomo, menyayangkan vonis hakim. Musababnya, tidak adanya bukti visum dan saksi yang dihadirkan masih di bawah umur. Namun, untuk saat ini, Priyo mengaku belum akan melakukan banding atas putusan majelis hakim.

Berbeda dengan Priyo, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Sidoarjo, Suprapto, justru lega atas vonis hakim tersebut. Musababnya, kata Suprapto, Samhudi tidak langsung ditahan dan tetap bisa mengajar sebagai guru matematika di sekolahnya. 

"Untuk pembelajaran kita bersama guru juga akan ambil hikmah, lebih hati hati," kata dia. 

Vonis hakim ini sedikit lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menginginkan Samhudi dihukum kurungan penjara 6 bulan, masa percobaan 1 tahun, dan denda Rp 500 ribu subsider 2 bulan penjara.

MOHAMMAD FACHMI (SIDOARJO)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments