hero

EDITOR : OCTOBRYAN

4 Agustus 2016, 16:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Raut kekecewaan tidak bisa disembunyikan Koordinator Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar saat mendengar dirinya dilaporkan oleh beberapa institusi terhadap kesaksiannya. 

"Saya merasa ini pemidanaan yang dipaksakan ke diri saya. Saya kecewa dengan pemidanaan ini," kata Haris

Menurutnya, aparat penegak hukum seharusnya menindaklanjuti informasi dari dirinya, dan bukan justru mempidanakannya. "Mestinya ini ditindaklanjuti bahwa ada aparat penegak hukum yang menyalahgunakan wewenang," sambungnya. 

Saat ini ia terus mengumpulkan beberapa dokumen terkait pemanggilan dari Bareskrim. Ia pun menyatakan siap jika dipanggil.

"Belum ada surat panggilannya. Jika ada saya bersedia diperiksa," kata Haris.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Martinus Sitompol mengatakan, pihaknya tengah memproses laporan terhadap  Haris Azhar.

"Masih dalam proses pengumpulan barang bukti dan pemeriksaan saksi-saksi, setelah cukup nanti kita panggil" kata Martinus, Rabu, 4 Agustus 2016.

Namun, dia belum bisa membeberkan siapa saja saksi yang sudah dimintai keterangan terkait kasus tersebut.  Meski masih berstatus terlapor polisi terus lakukan penyelidikan untuk diketahui ada atau tidaknya unsur pidana UU informasi dan transaksi elektronik 

"Tentunya kami tidak ingin berlarut-larut dalam hal ini. Proses penyelidikan masih berjalan." tambahnya.

Meski demikian, Martinus menilai ada beberapa mekanisme internal yang akan digali oleh polri pada anggotanya terhadap Kesaksian Freddy Budiman yang disampaikan oleh Haris Azhar. 

"Termasuk memeriksa konten pernyataan Haris Azhar, apakah itu bisa dipertanggungjawabkan atau tidak?,"jelasnya.

Sebelumnya Polri, BNN, dan TNI kompak melaporkan koordinator KontraS Haris Azhar atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 27 ayat 3 terkait 'nyanyiannya' soal pengakuan gembong narkoba, Freddy Budiman.

SYARIFAH RAHMA | AGNES AMELIA  

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments