hero
Jalan layang Pasopati di Bandung. (Foto: Skyscraper City)

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

3 Agustus 2016, 07:05 WIB

INDONESIA

Anak muda kreatif dan berjiwa eksperimen butuh sarana untuk mengekspresikan diri. Sayangnya, ruang terbuka publik, fasilitas pendukung atau instrumen ekonomi bagi anak muda kreatif masih sangat terbatas di Indonesia. Pemerintah, terutama di daerah masih fokus membesarkan ekonomi berbasis bisnis kapitalis seperti mall.

Padahal potensi anak muda yang kreatif, apalagi bila bisa membuka lapangan kerja melalui usahanya, akan membawa efek domino yang positif. Meski begitu, anak muda tidak perlu berkecil hati karena ada kota-kota di Indonesia yang memberi tempat dan peluang bagi kamu untuk menuangkan ide sekaligus maju.

Kota apa saja?

1. Bandung

Bandung sudah terkenal dengan roda ekonomi dan industri kreatifnya yang dinamis. Berbagai bentuk usaha kecil, mikro, menengah dan besar bisa hidup harmoni di Kota Kembang. Kamu yang memiliki ide dan bakat di bidang kuliner, fesyen, desain grafis, seni, film, musik, fotografi, game sampai teknologi bisa menjadikan Bandung sebagai kota tujuan menumpahkan bakat dan ide kamu.

2. Solo

Meski bukan kota metropolitan, Solo menjadi salah satu kota dinamis yang bisa menjadi tempat menuangkan ide dan memunculkan peluang. Pariwisata, kuliner, fesyen dan desain menjadi tema-tema yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Mengeksplorasi desain batik dan berbagai industri kreatif lainnya bisa dimulai dari Solo.

3. Pekalongan

Pekalongan selama ini dikenal sebagai pusat kerajinan batik nusantara. Kamu yang ingin belajar sekaligus mengembangkan batik bisa menjadikan Pekalongan sebagai tujuan eksplorasi. Banyak sekali peluang untuk meraih kesuksesan dari Pekalongan.

4. Surabaya

Surabaya saat ini jauh lebih maju ketimbang 10 tahun lalu. Banyak sekali perubahan signifikan di ibu kota Jawa Timur tersebut. Mengembangkan ide-ide desain tata kota, urban life, teknologi, kuliner dan bisnis eskpor bisa dimulai dari Surabaya.

5. Malang dan Yogyakarta

Dua kota ini identik dengan pendidikan. Malang yang berada di daerah sejuk dan memiliki sedikitnya 60 perguruan tinggi menjadi pasar yang potensial untuk mengembangkan ide di bidang bisnis agrowisata, kuliner, properti, transportasi sampai berbagai bentuk jasa inovatif.

Sedangkan di Yogyakarta, kamu bisa mengembangkan potensi industri game, desain grafis, fesyen, kuliner dan teknologi.

6. Jakarta

Sebagai pusat ekonomi dan politik Indonesia, Jakarta menawarkan banyak sekali peluang. Meski menjadi kota terpadat, masih terselip ruang untuk mengembangkan ide dan bakat kamu.

Teknologi, jasa dan kuliner adalah tema yang bisa kamu elaborasi. Memahami kebutuhan warga Jakarta dan sekitarnya saat ini dan masa depan, lalu mengelaborasinya sesuai kemajuan teknologi akan menuntun kamu kepada inovasi.


Memprediksi kebutuhan publik di masa depan dan akrab dengan teknologi akan sangat penting bagi anak muda Indonesia. Kreativitas yang dibekali kejelian, naluri, kerja keras dan kemauan untuk belajar bisa menentukan masa depan kamu.

BERBAGAI SUMBER

FAJAR ANUGRAH PUTRA

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments