hero

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

2 Agustus 2016, 06:05 WIB

INGGRIS

Selama ini banyak orang menilai jika ingin membakar kalori maka pergilah ke gym dan habiskan waktu berjam-jam dengan berlatih di sana. Tapi ternyata, ada kegiatan yang mungkin kamu sering lakukan dan tidak disadari ternyata efektif membakar kalori tubuh.
 
Apa itu? Belanja, mengepel, mencuci pakaian sampai memasak secara ilmiah terbukti efektif membakar kalori. Melansir Daily Mail, Senin (1/8/2016), pelatih kebugaran, Mark Healy menjelaskan bahwa kamu tidak harus selalu berolahraga untuk membakar kalori. Berbagai kegiatan rutin yang menuntut banyak anggota tubuh untuk bergerak terbukti efektif membakar kalori. 

Berikut beberapa kegiatan selain olahraga yang efektif membakar kalori, merangkum dari Daily Mail:

1. Bolak-balik mencoba baju di ruang ganti
 

Bolak-balik mencoba baju di ruang ganti pusat perbelanjaan ternyata efektif membakar kalori tubuh kamu. Berusaha memakai jins yang ketat atau mengaitkan kancing di leher dapat mempercepat pembakaran kalori. Plus aktivitas kamu mondar-mandir memilih pakaian. 

Sebanyak 130 kalori akan terbakar selama satu jam bolak-balik mencoba baju atau setara dengan melakukan 20 kali push up.



2. Memasak sendiri
 

Membersihkan buah dan sayuran, memotong, mengiris, menumis, memblender sampai memanggang ternyata efektif membakar kalori tubuh kamu. Memasak bahkan menjadi kegiatan dengan efektivitas besar untuk membakar kalori. Sekitar 150 sampai 240 kalori dapat lumer dari aktivitas memasak selama sejam atau sama dengan lari selama 30 menit.

Lagipula memasak makanan sendiri jauh lebih aman karena kamu menyantap menu yang lebih bersih dan mengetahui dengan jelas bahan-bahannya.
 


 

3. Belanja bulanan di supermarket

Belanja bulanan bisa menjadi pilihan untuk membantu pembakaran kalori di tubuh kamu. Mendorong troli yang berat dan berkeliling di antara rak-rak barang membuat otot lengan, punggung dan kaki kamu bekerja. 

Minimal 200 kalori terbakar saat belanja bulanan selama sejam di supermarket atau sama dengan bermain bulutangkis berdurasi 40 menit. Cobalah ganti jadwal belanja bulanan kamu menjadi seminggu sekali.|
 



4. Tertawa

Vanderbilt University di Nashville melakukan penelitian yang menemukan bahwa tertawa selama 15 menit bisa membakar 40 kalori. Bila dilakukan dengan normal dan rutin, maka tertawa akan membuat tubuh dan pikiran kamu lebih sehat.

Tertawa membuat otot perut bekerja sama halnya saat kamu melakukan sit up. Tertawa 15 menit sehari membuat level stres menurun dan kamu bisa lebih santai. Kalau kamu sanggup tertawa selama satu jam penuh maka sekitar 160 kalori terbakar.

Asal jangan terlalu berisik yah.
 



5. Mandi uap dan berendam air panas

Ini salah satu kegiatan menyenangkan di sore atau malam hari. Apalagi bila dilakukan setelah menjalani aktivitas padat dan melelahkan.   

Mandi uap hangat bersuhu 40 derajat celcius bisa melunturkan 140 kalori. Sedangkan berendam di air hangat selama sejam bisa membuat tekanan darah menjadi normal dan membuat otot tubuh menjadi rileks.
 

Tapi satu yang perlu diingat, kegiatan di atas tidak bisa menggantikan olahraga. Karena olahraga rutin tidak hanya membakar kalori tapi juga menyehatkan.

DAILY MAIL
 

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments