hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

2 Agustus 2016, 12:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Elektabilitas calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, mulai meningkat. Dalam jajak pendapat publik yang dilakukan oleh CNN, Clinton berhasil unggul dengan perolehan 52%. Sementara Trump, hanya memperoleh 43% suara. Padahal di bulan sebelumnya, Donald Trump, calon Presiden AS dari Partai Republik, lebih unggul dalam jajak pendapat dibandingkan Clinton.

CNN juga menggelar polling bagi kandidat lainnya di luar Hillary Clinton dan Donald Trump, yaitu Gary Johnson dan Jill Stein. Hasilnya, Clinton memperoleh 45% suara, Trump 37%, Johnson 9% dan Stein 5%.

Hampir separuh dari pemilih yang terdaftar dalam jajak pendapat mengatakan jika mereka akhirnya lebih memilih Clinton, setelah melihat dan membaca hasil Konvensi Nasional Partai Demokrat. Meski ada 39% yang memutuskan untuk tidak memilih Clinton.

Hasil berbeda ditunjukkan para pemilih, setelah Konvensi Nasional Partai Republik. Sebanyak 42% memutuskan memilih Donald Trump untuk menjadi Presiden Amerika Serikat, sementara 44% lainnya memutuskan tidak memilih Trump.

Jajak pendapat ini dilaksanakan melalui telepon sejak tanggal 29 hingga 31 Juli 2016. Survei dilakukan terhadap 1.003 orang, 894 di antaranya terdaftar sebagai calon pemilih dalam Pemilu AS. Jajak pendapat ini mengklaim tingkat kesalahan atau Margin of error sekitar 3,5%.

Hillary Clinton menjadi wakil Partai Demokrat untuk bertanding menghadapi lawan politiknya dari Partai Republik, Donald Trump. Clinton dinilai sebagai orang yang tepat mewakili Demokrat, setelah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pemerintahan. Baik itu sebagai Ibu Negara, Senator dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.

TIME

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments