hero
Mike Mohede. (IG @mikemohede)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 Agustus 2016, 14:35 WIB

JAKARTA, INDONESIA

"Di Jatinegara kita kan berpisah

Berilah nama, alamat serta

Esok lusa boleh kita jumpa pula"

Sepenggal lirik lagu ‘Juwita Malam’ ini dinyanyikan oleh Mike Mohede saat menjadi pengisi acara pesta perayaan ulang tahun pernikahan ke-40 Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herawati atau Ibu Ani. Cuplikan video penampilan penyanyi kelahiran 7 November 1983 ini direkam oleh menantu SBY, Annisa Pohan dan diunggah ke akun media sosialnya Instagram.

Video ini menjadi viral di dunia maya. Ya, penampilan Mike saat mengisi acara keluarga Cikeas tersebut memang menjadi sorotan. Malam itu menjadi tanda berakhirnya karir Mike dalam dunia musik sekaligus hidupnya. Mike pergi untuk selamanya pada Minggu, 31 Juli 2016 di Rumah Sakit Premier, Bintaro, Tangerang Selatan diduga karena serangan jantung.

Mike Mohede, Vina Panduwinata & Lala Karmela. (IG@aniyudhoyono)

Ucapan duka terus mengalir untuk Sang Juara Indonesian Idol musim kedua di 2005. Sepupu dari penyanyi lawas Frans Mohede ini mewakili Jakarta di ajang bergengsi itu. Suaranya yang lembut mampu menghipnotis para juri dan penonton setianya. Lawan terberatnya Judika berhasil ia sisihkan.

Kemenangan Mike tersebut mengantarkan pria ramah dan rendah hati itu untuk kembali ikut di ajang serupa di tingkat Asia yakni Asian Idol. Mike harus bersaing dengan penyanyi-penyanyi terbaik dari enam negara Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam dan India. Sayang, Mike harus kalah dan menyerahkan posisi pertama kepada Hady Mirza penyanyi asal Singapura.

Perjalanan karir Mike terus merangkak naik. Tiga album bertajuk Kemenangan, Mike dan Kedua dikeluarkan secara berturut-turut pada 2005, 2010 dan 2015. NET sebagai televisi masa kini yang kerap memberikan kesempatan kepada anak muda, melihat potensi besar pada diri Mike, hingga akhirnya didaulat untuk menduduki kursi juri ajang menyanyi Just Duet pada awal 2016. Mike duduk sejajar dengan penyanyi pop lainnya seperti Once Mekel, Mei Chan dan penyanyi asal Malaysia Elizabeth Tan.

Kini, tawa dan keramahan penyanyi berbadan besar tersebut telah hilang seiring berpulangnya Mike. Namun, karya-karya terbaik Mike masih akan terus dikenang dan dinikmati pecinta musik tanah air.

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments