hero

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

1 Agustus 2016, 20:05 WIB

INDONESIA

Penerbangan yang tertunda atau delay sudah sering terjadi di Indonesia. Pemerintah selaku regulator dan pengawas transportasi udara belum mampu memberikan solusi positif untuk konsumen, meski maskapai yang penerbangannya berulang-ulang tertunda sudah teridentifikasi.

Sebagai konsumen, mengalami penerbangan yang delay memang menyebalkan karena bisa berjam-jam lamanya. Kekesalan bertambah jika pihak maskapai tidak mengkomunikasikan dengan jujur apalagi memberi solusi bagi pelanggannya yang sudah membayar tiket.

Lalu bila kamu mengalami penerbangan yang delay dan harus terjebak berjam-jam di bandara, apa yang harus dilakukan?

1. Protes

Protes sudah pasti akan dilakukan banyak penumpang saat penerbangannya delay atau tidak ada penjelasan yang menenangkan. Lakukan protes, tapi dengan cara yang tidak melanggar hukum. Jangan memukul petugas atau merusak sarana di bandara karena kamu bisa terjerat hukum.

Minta juga hak-hak kamu sebagai penumpang jika penerbangan tertunda. Misal penggantian makan, hotel sampai penerbangan yang berbeda.

Menurut peraturan Menteri Perhubungan Pasal Dua Nomor 89/2015, penumpang yang penerbangannya terlambat selama 30-60 menit akan mendapat minuman ringan secara gratis, terlambat 61 menit – 120 menit mendapat minuman ringan dan camilan, terlambat 121 menit – 180 menit mendapat makan berat dan minuman ringan hingga penggantian Rp300 ribu bila telat lebih dari 240 menit dan pengembalian uang pembelian tiket secara utuh. 

Ganti rugi di atas tidak berlaku bila penundaan penerbangan karena alasan cuaca buruk di bandara keberangkatan atau kedatangan, masalah teknis pesawat sampai kerusuhan atau bencana alam di bandara keberangkatan dan atau kedatangan.
 

2. Mengobrol dengan penumpang lain

Mengobrol topik-topik yang menyenangkan dengan penumpang lain bisa mengurangi rasa bosan kamu. Pilih pembicaraan yang jauh-jauh dari politik atau tidak profesionalnya pihak maskapai.

Semoga delay-nya tidak lebih dari sejam yah.
 

3. Batalkan penerbangan kamu dan pilih penerbangan dengan maskapai yang lebih baik

Kamu berpotensi rugi uang karena maskapai yang penerbangannya delay akan menganggap penumpang yang memilih membatalkan. Pengembalian uang tiket tidak utuh biasanya dilakukan oleh maskapai.

Tapi bila kamu punya uang lebih atau kartu kredit, tidak ada salahnya dilakukan. Setidaknya kamu terhindar dari stres atau rasa kesal berlebih.
 

4. Lain kali pilih maskapai yang reputasinya bagus

Ini pilihan yang terdengar mudah tapi sulit dilakukan bila hanya ada maskapai dengan reputasi buruk yang menjangkau daerah yang akan kamu tuju.
 

5. Usahakan terbang di pagi hari

Penerbangan pagi hari biasanya jarang sekali mengalami penundaan.
 

REUTERS - FORBES
 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments