EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 Agustus 2016, 05:05 WIB

SUMATERA SELATAN, INDONESIA

Selesai kuliah bingung cari kerja? Atau kamu yang sudah kerja tapi bosan melakukan rutinitas di kantor? Coba deh belajar bisnis dari Juwita Puspitasari. Berawal dari hobi bermain boneka sejak kecil, ternyata menjadi cikal bakal Juwita untuk memulai bisnis pembuatan boneka. Jenis boneka yang dipilihnya pun unik, yakni boneka wisuda.

Boneka Wisuda, 30 Juli 2016. (NET/Ardhiansyah Nugraha)

Terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Dua Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan, usaha Juwita terus berkembang. Di tempat ini, tidak hanya boneka wisuda yang ia buat, namun sejumlah karakter lain juga ada di sini.

Ide bisnis yang dirintis sejak 2012 lalu itu, bermula ketika dirinya ingin memberikan hadiah wisuda kepada sahabatnya. Ia kemudian mencoba membuat boneka wisuda dengan bahan baku kain flanel.

Juwita Puspitasari, 30 Juli 2016. (NET/Ardhiansyah Nugraha)

Di luar dugaan, boneka wisuda hasil karya Juwita mendapat respon positif dari sahabatnya tersebut, karena bentuknya rapi dan elegan. Melihat peluang ini, Juwita akhirnya keluar dari perusahaan kontraktor tempatnya bekerja. Ibu rumah tangga ini kemudian serius menekuni bisnis boneka wisuda.

“Sebelumnya saya kontraktor di perusahaan swasta, sekarang saya mantap menjalankan hobi boneka flanel ini,” kata Juwita.

Boneka Wisuda, 30 Juli 2016. (NET/Ardhiansyah Nugraha)

Sempat jatuh bangun akibat pasar tak menentu bisnis Juwita tetap bertahan. Omzet yang dihasilkan pun tidak main-main mencapai Rp 10 juta per bulan. Untuk harga boneka wisuda terbilang murah, yakni sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 250 ribu tergantung jenis dan ukuran boneka.

Biasanya, Juwita memasarkan produknya ke sejumlah kampus di Palembang, Bengkulu, Jambi, Medan, Makassar hingga Jakarta. Selain melakukan promosi dari mulut ke mulut, Juwita juga memanfaatkan media sosial untuk memperluas pasarnya.

ARDHIANSYAH NUGRAHA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments