hero
Sandiaga Uno (NET/Widi)

EDITOR : OCTOBRYAN

30 Juli 2016, 00:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Peta Persaingan menuju Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 kian memanas. Partai Gerindra telah menetapkan bakal calon yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017, yaitu Sandiaga Uno. Keputusan ini diumumkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Soebianto melalui Rapat Koordinasi Nasional Gerindra di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengungkapkan, Sandiaga Uno merupakan sosok yang tepat dipilih partai berlambang kepala burung garuda itu.

“Iya benar akhirnya Sandiaga Uno dipilih untuk maju sebagai calon gubernur dari partai Gerindra,” kata M Taufik saat dihubungi NETZ, Jumat, 29 Juli 2016.

Dia menjelaskan, Meski baru keputusan internal, Taufik memastikan jika cagub dari Gerindra kemungkinan tidak akan berubah.

Keputusan Gerindra itu pun memupuskan harapan sejumlah kandidat yang sempat merapat ke Gerindra, seperti Sjafrie Sjamsoeddin dan Yusril Ihza Mahendra. Keduanya adalah hasil seleksi bacagub DKI sejak Desember 2015.

“Lebih pada kalangan internal lah. Ada kebanggaan. Semuanya kan pintar. Ketiga-tiganya bagus,” ucapnya.

Baca Juga:
Ahok Pilih Partai, Uno: Bukti Pragmatis
Ahok Pilih Parpol Untuk Maju Pilgub DKI
Teka-Teki Pendamping Ahok
Di Bawah Pusaran Teuku Umar

Namun, Mohamad Taufik menyatakan cawagub untuk Sandiaga belum ditentukan. Gerindra perlu menentukan cawagub itu dengan partai-partai lain yang sekarang sedang diajak berkoalisi.

"Kami akan lakukan komunikasi politik pada partai lain mulai senin nanti," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan sudah ada satu partai yang berniat berkoalisi, setidaknya di level DKI Jakarta, yakni PKS. Ada pula PKB, PAN, PPP, dan Partai Demokrat yang sedang dijajaki agar mau berkoalisi.

"Kami jajaki peta koalisi itu agar cukup kursi untuk ajukan pasangan calon pilgub," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Gerindra tidak punya cukup kursi DPRD DKI untuk mengajukan calon wakil gubernur DKI. Gerindra punya 15 kursi saja, sementara jumlah minimal adalah 22 kursi untuk bisa mengajukan cagub dan atau cawagub sendiri. 

Dengan keputusan ini maka Sandiaga pun akan 'bertarung' dengan Basuki Tjahaja Purnama yang mendeklarasikan maju pada Pilgub DKI lewat jalur partai politik, bukan independen. Setidaknya sudah tiga partai yang mengusung Basuki, yakni Nasdem, Hanura dan Golkar.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments