hero

EDITOR : PUTU DYAH

29 Juli 2016, 16:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Santan sering dipakai untuk masakan khas Indonesia. Rasa yang gurih membuat bahan ini cocok untuk berbagai makanan, mulai dari yang manis sampai asin. Selain nikmat, cairan dari buah kelapa ini juga bisa kita manfaatkan untuk kecantikan. Berikut lima manfaat santan untuk kulit dan rambut kamu.

Melembutkan rambut

Caranya campur santan dengan olive oil atau minyak zaitun. Perbandingannya satu gelas santan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Lalu aplikasikan ke kulit kepala, pijat lembut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Hasilnya rambut kamu jadi lebih kuat dan lembut.

Scrub Tubuh

Kita bisa memanfaatkan kelapa parut dan santan untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat scrub gunakan dua sendok makan kelapa parut, santan, dan empat sendok makan garam. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada kulit tangan, kaki, punggung dan bagian tubuh lain yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas tubuh sampai bersih.

Buah kelapa yang berbagai bagiannya bisa dimanfaatkan . (Foto: flickr.com)

Melembabkan Kulit Kering

Santan dan bubuk kayu cendana bisa kita pakai untuk melembabkan kulit kering. Caranya campur santan dan bubuk cendana, lalu oleskan di bagian tubuh yang berkulit kering. Kemudian diamkan selama 15 menit dan cuci sampai bersih.

Make Up Remover

Make up remover kamu habis? Coba cari santan dan minyak kelapa di dapur. Campur kedua bahan ini dengan perbandingan 1:2. Gunakan kapas untuk mengusapkannya pada wajah yang bermake up. Supaya semakin bersih cuci wajah dengan air agar semua sisa riasan terangkat.

Meluruskan Rambut

Campur santan dan jus lemon kemudian diamkan di kulkas selama 2-3 jam. Setelah dingin akan terbentuk lapisan krim tipis pada bagian atas. Aplikasikan krim ini pada rambut secara merata. Kemudian bungkus dengan handuk hangat, diamkan selama 30 menit. Bersihkan rambut dengan membilasnya memakai sampo.

Santan juga bisa membuat kita terihat awet muda lho. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa menjaga elastisitas kulit dan membuat wajah kita terlihat lebih kencang. Jangan lupa, lakukan semua tips tadi secara rutin agar tubuh kita mendapat semua khasiatnya.

I LOOK NET 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments