hero
Rumah keluarga Freddy Budiman di Surabaya. (NET/Juli)

EDITOR : OCTOBRYAN

29 Juli 2016, 01:00 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

 

Kabar eksekusi mati 14 narapidana kasus narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa tengah, mulai tersiar. Kendati berat, keluarga tampaknya mulai siap menerima jenazah anggota keluarganya yang masuk daftar eksekusi.
 
Salah satu keluarga yang siap menghadapi eksekusi itu adalah keluarga Freddy Budiman, gembong narkotik yang terbelit kasus peredaran 1,4 juta butir pil ekstasi. Di rumah kelahirannya di RT 3 RW 1, Kelurahan Krembangan Baru, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur, tenda biru untuk menyambut jenazah sudah berdiri, Kamis, 28 Juli 2016.

Rumah Freddy berada di perkampungan padat di Krembangan Baru. Tenda didirikan pada jalan sempit yang membelah kampung itu. Puluhan kursi berwarna hijau disusun di depan pagar rumah dua lantai itu.
 
Namun, tidak ada siapa pun berada di dalam rumah itu. Pintu pagar tertutup rapat-rapat. Kepala Rukun Tetangga Suwarno mengatakan keluarga freddy kemungkinan berada di Nusakambangan. "Saya tadi dihubungi polisi, Kemungkinan besok jenazahnya sampai sini," ujarnya.

Freddy Budiman, salah satu terpidana mati berpesan agar dia dimakamkan di tanah kelahirannya, Surabaya, setelah dieksekusi mati.

"Dimakamkan di TPU Islam dekat sini, sekarang masih persiapan," tambahnya.
 
Di rumah itu, katanya, tinggal empat orang, yakni ibu Freddy, Nursiah, adik termuda Freddy, Mulyono, dan dua pembantunya.

Dia mengaku kenal Freddy sejak dia masih muda. Di mata Suwarno, bandar narkotik itu ramah dan dermawan saat bergaul dengan warga kampung. Dia tidak menyangka akhir hidup Freddy berujung di hadapan regu tembak di Lapas Nusakambangan. "Kalau ketemu saya sering diberi uang sama Freddy," katanya.

OCTOBRYAN | JULI SUSANTO

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments