hero

EDITOR : REZA ADITYA

29 Juli 2016, 09:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Partai Demokrat mencetak sejarah baru dengan mengusung Hillary Clinton sebagai calon Presiden Amerika Serikat. Hillary Clinton akan menjadi calon Presiden wanita pertama yang bertarung di pemilu AS nanti. Hilary juga menjadi wanita pertama yang diusung oleh Konvensi Nasional Partai Demokrat.

Ribuan orang yang hadir di Wells Fargo Center serentak bertepuk tangan ketika Hillary Clinton diumumkan menjadi calon Presiden Demokrat pada Selasa, 26 Juli malam waktu setempat. Hillary  sukses bersaing di antara kandidat lain, yaitu Senator Bernie Sanders dari Vermont. Hillary  memperoleh dukungan sebanyak 2.842 suara dalam konvensi. Sedangkan Sander hanya meraup 1.865 suara.

“Betapa besarnya penghormatan yang kalian berikan, dan ini adalah kemenangan kalian," kata Hillary  disambut riuh tepuk tangan. "Dan jika di luar sana banyak gadis kecil yang begadang untuk menonton ini, izinkan saya mengatakan, 'mungkin saya akan menjadi Presiden wanita pertama. Tapi salah satu dari kalian adalah selanjutnya',” .

Ada hal yang menarik saat nama Hillary keluar sebagai calon presiden Partai Demokrat. Layar dalam acara itu menampilkan daftar 42 Presiden Amerika Serikat. Seluruhnya  laki-laki. Namun dalam hitungan detik, layar yang menampilkan kolase daftar Presiden AS itu pecah. Kemudian muncul foto Hillary. Itu merupakan penanda  bahwa Hillary merupakan wanita pertama yang menjadi calon presiden AS.

Selasa malam, Bill Clinton juga diundang dalam acara itu.  Bill diberikan kesempatan berpidato dan kampanye agar istrinya itu menang dalam pemilihan Presiden.  “Jika Anda muslim, dan mencintai Amerika serta kebebasanya dan membenci teror, tetaplah di sini dan dukung kami sampai menang untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik,” ujar Bill dalam pidatonya.

Jika nantinya Hillary terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat, akan melahirkan sejarah baru dalam politik di Negeri Abang Sam. Jabatan panglima tertinggi akan berada di tangan seorang perempuan.

DIYAS PRADANA | CNN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments