EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

29 Juli 2016, 04:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kera yang berbicara seperti di film Dawn of the Planet of the Apes, meski tidak sefasih manusia, akan menjadi fenomena yang mengagumkan. Orang utan yang 97 persen mirip dengan manusia ternyata bisa dilatih berbicara seperti Homo Sapiens (manusia modern).

Rocky, orang utan di Kebun Binatang Indianapolis, Amerika Serikat membuat pelatihnya dan beberapa peneliti berdecak kagum. Orang utan jantan berusia delapan tahun itu bisa meniru berbagai kalimat dengan intonasi dan logat yang berbeda-beda yang disampaikan oleh para peneliti.

Rocky memang istimewa di Kebun Binatang Indianapolis. Ia terbiasa memanggil pelatih atau perawatnya di kandang bukan menggunakan suara yang biasa dipakai oleh orang utan lainnya.

Peneliti kera besar sebenarnya sudah lama percaya kalau kera besar seperti gorila, simpanse dan orang utan bisa mengendalikan intonasi suaranya untuk berbicara layaknya manusia. Penelitian yang dilakukan oleh Adriano Lameira, pendiri dan presiden organisasi Pongo Foundation, pada 2015 membuktikan kalau kera, dalam hal ini orang utan bisa melakukan demikian.

Lameira saat itu meneliti seekor orang utan betina berusia 50 tahun, Tilda, bisa menggunakan cengkoknya untuk bersuara dengan intonasi dan irama-irama spesifik. Meski orang utan belum bisa berbicara verbal dengan kompleks seperti manusia, namun peneliti yakin kalau hal tersebut hanya soal waktu saja.

Jadi sekarang burung beo yang bisa mengucapkan ‘Mas Joko, Mas Joko’ akan memiliki saingan.
 

SCIENTIFIC REPORTS
 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments