hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 Juli 2016, 11:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kamu pasti pernah mengalami kesulitan mengingat nama teman SD atau guru TK bukan? Atau lupa terakhir menaruh kunci ada di mana? Yup, itu wajar, karena kapasitas ingatan kita cenderung mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Nah, ada beberapa cara asyik untuk meningkatkan daya ingat kamu yang telah dirangkum oleh NET.Z dari LiveScience berikut ini.

Mengunyah Permen Karet

(LiveScience)

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa orang yang suka mengunyah permen karet memiliki daya ingat lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengunyah permen karet. Para ilmuwan berpendapat jika kandungan dari permen karet dapat meningkatkan denyut jantung dan mempengaruhi fungsi otak, sehingga menyebabkan tubuh melepaskan insulin

Bermain Game Otak

(Pixabay)

Sering berpikir keras ternyata dapat mempertajam ingatan kamu. Sebuah program bernama Lumosity, dikembangkan oleh ahli saraf dan psikolog kognitif dari Universitas Stanford dan Universitas California di San Francisco, Amerika Serikat. Program berupa game itu secara khusus dirancang untuk meningkatkan memori, konsentrasi, kewaspadaan hingga suasana hati. Selain itu, ada banyak beberapa permainan yang dapat meningkatkan ingatan kita seperti Sudoku dan TTS atau teka-teki silang

Makan Buah dan Cokelat

(Pixabay)

Untuk menjaga memori kamu tetap bagus, para ilmuwan merekomendasikan makanan yang tinggi antioksidan, seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang putih dan wortel. Selain buah-buahan, cokelat juga dapat meningkatkan daya ingat, karena kaya antioksidan. Tapi, harus hati-hati selain mengandung antioksidan, cokelat juga banyak gula dan lemak jenuh.

Bangun dan Cium Aroma Rosemary

(Pixabay)

Penelitian seorang psikolog menunjukkan dari 144 orang diminta untuk menghafal beberapa hal, kemudian orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta masuk ke ruangan beraroma rosemary dan sisanya tanpa aroma. Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata orang yang berada di ruangan beraroma rosemary memiliki ingatannya lebih baik. Orang-orang yang bekerja di ruangan beraroma juga mampu mengontrol pekerjaan dibandingkan dengan orang yang berada di ruangan tanpa aroma.

Olahraga

(Pixabay)

Selain baik untuk fisik kita, olahraga juga meningkatkan sistem peredaran darah. Tidak harus pergi ketempat gym yang mahal, cukup  dengan berjalan cepat ternyata dapat meningkatkan kinerja jantung dan aliran oksigen ke otak. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang. Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.

LIVESCIENCE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments