hero
Anies Baswedan/kemendikbud.go.id

EDITOR : REZA ADITYA

28 Juli 2016, 16:00 WIB

INDONESIA

Detik-detik jelang pergantian kabinet, Anies Baswedan menuliskan sepucuk surat yang ditujukan untuk seluruh guru, kepala sekolah dan tenaga pengajar. Dia tahu pagi itu merupakan hari terakhirnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Asianto Sinambela, mengatakan surat itu dibuat Anies sebagai apresiasi kepada seluruh tenaga pengajar atas dukungannya selama dia menjabat. "Surat itu sebagai apresiasi terhadap publik dan guru yang memiliki dedikasi dalam dunia pendidikan," kata Asianto, kepada Net Z, Kamis, 28 Juli 2016.

Asianto mengisahkan surat itu juga bagian dari instruksi terakhir Anies untuk seluruh guru dan tenaga pengajar. Surat itu, kata dia, ditulis dengan semangat dan optimisme yang tinggi meski menteri silih berganti."Tapi, setelah itu, banyak yang kaget. Karena ini tiba-tiba."

Surat itu direspons haru oleh para guru. Banyak tenaga pengajar yang kaget Anies dipecat dari jabatannya. Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Insan Cermat Bandung,  Fahrurozi Ishak misalnya. Fahrurozi bingung dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang memberhentikan Anies sebelum masa jabatannya berakhir.

Surat terakhir dari Anies Baswedan/kemendikbud
 

 

Selain bingung, Fahrurozi juga khawatir akan ada kebijakan yang berubah drastis dari menteri baru. "Sementara kan masih ada kebijakan Kemendikbud yang belum tuntas," kata dia. Salah satunya adalah kurikulum nasional yang merupakan kebijakan Anies pada masa jabatannya. Hingga saat ini, telah terdapat beberapa sekolah yang dijadikan percontohan atas kurikulum nasional, dan rencananya akan serentak diaplikasikan di seluruh sekolah pada tahun 2017.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia, Retno Listyarti, menanggapi haru surat itu. Meski haru, surat itu membangkitkan semangat bagi tenaga pengajar untuk selalu mencerdaskan bangsa. "Terima Kasih kepada pak Anis yang sudah fokus pada pendidikan selama 20 bulan ini," kata dia. Dia berharap menteri pengganti Anies bisa membuat program-progam pendidikan unggulan yang lebih baik.

Kemarin, Presiden Joko Widodo mencopot Anies Baswedan dari jabatannya. Jabatan Anies digantikan oleh Muhadjir Effendy sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Muhadjir sebelumnya merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

ANAN SURYA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments