hero
Wiranto serah terima jabatan dengan Luhut Panjaitan. (NET/Jabal)

EDITOR : REZA ADITYA

28 Juli 2016, 15:00 WIB

INDONESIA

Tudingan pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu, dijawab Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto santai. Menurut dia, Presiden Joko Widodo sudah mempertimbangkan hal tersebut.

"Presiden menunjuk beberapa menteri dalam reshuffle tentu sudah ada pertimbangan. Yang salah satunya pengalaman masing-masing. Track record masing-masing," kata Wiranto seusai serah terima jabatan dari Luhut Binsar Panjaitan, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016.

Menurut Wiranto, tudingan pelanggaran HAM itu selalu dialamatkan kepada dirinya. "Itu biasa. Setiap menjabat atau mencalonkan diri, selalu ada," kata dia.

Ketua Umum Partai Hanura ini melanjutkan, Luhut sebagai pendahulunya sudah melakukan hal yang tepat untuk menyelesaikan pelanggaran HAM di masa lalu. "Saya akan lanjutkan menyelesaikan masalah HAM ini secara adil, transparan, serta bermartabat," ujarnya.

Keputusan Jokowi menunjuk Wiranto ditentang sejumlah pegiat HAM. Penunjukan Wiranto dinilai justru mempertebal impunitas pelanggar HAM. "Karena sulit bagi Wiranto memprakarsai penuntasan pelanggaran HAM berat, sementara dia juga terkait," kata Hendardi, Ketua Setara Institute.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar menambahkan kasus-kasus yang diduga melibatkan Wiranto antara lain penyerangan 27 Juli di kantor PDI, Tragedi Trisakti,  Mei 1998,  Semanggi I & II, dan penculikan dan penghilangan aktivis pro-demokrasi 1997/1998.

Sebelum menjabat Menko Polhukam di Kabinet Kerja Jokowi, Wiranto sudah pernah mengemban posisi itu. Yakni pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Dia menduduki posisi tersebut sejak 26 Oktober 1999 sampai 15 Februari 2000. 

Sebelumnya, di masa pemerintahan Bacharuddin Jusuf Habibie, Wiranto adalah Menteri Pertahanan. Jabatan tertinggi di TNI diembannya pada masa pemerintahan Soeharto, yakni periode 16 Februari 1998 hingga 26 Oktober 1999. Ketika itu namanya masih Panglima ABRI.

LUKY FITRIANI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments