hero
Logo dan Maskot Asian Games 2018 diperkenalkan (DOC/ksp.go.id)

EDITOR : OCTOBRYAN

28 Juli 2016, 21:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Indonesia secara resmi meluncurkan logo dan maskot baru Asian Games 2018. Logo baru ini dibuat untuk menggantikan logo lama bergambar Cenderawasih yang sempat diluncurkan pada tahun lalu.

Ketua Komite Olahraga Indonesia dan Indonesia Asian Games Organizing Commitee, Muddai Madang, selaku penanggung jawab pelaksanaan Asian Games 2018 telah menginformasikan logo anyar tersebut kepada Olympic Council of Asia dan telah disetujui.

Menurutnya hal ini digelar bersama Badan Ekonomi Kreatif. Pemerintah mendengar banyak masukan dari masyarakat untuk mengganti logo sebelumnya yang bergambar untaian bulu burung Cenderawasih.

"Setelah resmi dikenalkan, logo dan maskot Asian Games ini siap disosialiasikan pada 45 negara peserta," ujarnya.

Logo baru Asian Games 2018 ini menggambarkan sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBGK), Senayan, Jakarta yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Di bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, logo itu mencerminkan makna Energy of Asia. Yakni matahari sebagai sumber energi yang akan menyebar melalui delapan jalur ke seluruh Asia dan dunia melalui pentas Asian Games 2018.

"Logo ini menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia," ujarnya di Kantor Sekretaris Negara, Kamis, 28 Juli 2016.

Sementara itu, ada tiga maskot yang dipilih, yaitu Bhin Bhin (nama burung cendrawasih dari Indonesia bagian barat), Atung (rusa bawean dari Indonesia bagian tengah), dan Ika (badak bercula satu dari Indonesia bagian barat).

Bhin Bhin mencerminkan strategi, Atung melambangkan kecepatan, dan Ika merepresentasikan kekuatan. Ketiga karakter itu akan menggantikan Drawa selaku maskot lama. 

Pelaksanaan pesta olahraga Multievent ini akan digelar di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan pada 18 Agustus 2018 mendatang.

OCTOBRYAN | FACHRI MAHAR

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments