hero
(dailymail)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 Juli 2016, 04:15 WIB

INGGRIS

Kamu tahu nggak membiarkan Wi-Fi on setiap saat pada smartphone ternyata bisa menghemat baterai lho. Dikutip dari dailymail, Rabu, 27 Juli 2016, mengakses layanan data melalui koneksi Wi-Fi jauh lebih irit dibandingkan dengan menggunakan koneksi jaringan. Alasannya, data seluler akan melakukan searching terus-menerus sehingga mengonsumsi daya baterai cukup banyak. Sementara jika menggunakan jaringan Wi-Fi, jaringan data akan cenderung stabil.

(Pixabay)

Nah, selain menyalakan Wi-Fi, ternyata ada banyak cara lain yang bisa dilakukan agar ponsel pintar kamu tetap on sepanjang hari. Berikut 4 cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengemat pemakaian baterai:

Menonaktifkan Aplikasi

(Pixabay)

Menonaktifkan aplikasi pada smartphone bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk menghemat baterai. Aplikasi yang masih aktif sangat menguras daya baterai. Tak heran, jika beberapa smartphone sering memberikan notifikasi mengenai berapa persen sisa baterai kita.

Matikan Layanan GPS

(Pixabay)

Layanan lokasi menggunakan GPS juga membutuhkan daya baterai cukup banyak. Disatu sisi memang layanan GPS sangat membantu, namun di sisi lain aplikasi ini juga menyedot banyak daya. Untuk itu, alangkah baiknya kalian menyalakan aplikasi GPS saat di perlukan saja.

Matikan Notifikasi dan Bluetooth

(Pixabay)

Notifikasi berupa email masuk atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram juga menjadi salah satu penyebab cepat habisnya daya baterai. Untuk itu, disarankan untuk mematikan fitur notifikasi agar baterai tetap aman dan bertahan lama.

Aplikasi bluetooth juga mengkonsumsi daya sehingga percuma jika diaktifkan secara terus menerus. Untuk itu aktifkan aplikasi bluetooth hanya pada saat dibutuhkan contohnya jika kalian hendak mengirim atau menerima file dari perangkat lain.

Turunkan Tingkat Kecerahan Pada Layar

(Pixabay)

Menurunkan tingkat kecerahan cahaya pada layar gadget kalian juga dapat menghemat baterai. Tingkat kecerahan layar yang berlebihan akan menghabiskan cukup banyak daya baterai. Di samping untuk menghemat baterai, menurunkan kecerahan pada layar juga akan ramah untuk mata.

DAILYMAIL

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments