hero
Sudirman Said. (esdm.go.id)

EDITOR : TITO SIANIPAR

27 Juli 2016, 16:55 WIB

INDONESIA

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said mengaku belum punya rencana pasca dicopot dari jajaran pembantu Presiden Joko Widodo. Sesuatu yang pasti dilakukannya adalah menikmati me time.

"Saya akan istirahat (sambil) mencerna berbagai situasi," kata Sudirman ketika ditanya rencana ke depannya, Jakarta, Rabu, 27 Juli 2016.

Presiden Joko Widodo merombak sejumlah menteri dari Kabinet Kerja. Salah satunya adalah Menteri ESDM. Posisi Sudirman digantikan Archandra Tahar, profesional ahli minyak dan gas yang lama berkarir di Amerika.

Kehilangan jabatan sebagai menteri, kata Sudirman, membuatnya bisa menikmati banyak waktu lowong. "Bisa ketemu anak-anak yang selama ini ditinggalkan," kata dia.

Salah satu kegiatan lain yang tergolong having me time Sudirman adalah, "Beres-beres hal pribadi dan mulai menulis lagi. Karena saya senang menulis," kata dia.

Kegiatan lain yang mungkin dilakukannya adalah mengajar di kampus. "(Intinya) banyak yang bisa dilakukan. Yang penting kesehatan," kata Sudirman.

Hingga saat ini belum jelas alasan di balik pencopotan Sudirman. Salah satu yang sempat menjadi perhatian publik adalah kontroversi kasus papa minta saham. 

Ketika itu Sudirman menguak keterlibatan politikus Partai Golkar Setya Novanto yang 'menginjak' PT Freeport Indonesia untuk memperoleh sejumlah keuntungan. 

Setya ketahuan mencatut nama Joko Widodo utuk memperoleh saham dalam negosiasi kontrak karya Freeport. Akibat kasus itu, Setya dicopot dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan digantikan Ade Komarudin. 

Namun angin berubah. Setya terpilih sebagai sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada 17 Mei 2016 lalu. Partai beringin lalu mengikrarkan dukungan kepada Joko Widodo. 

ANNISA VIKASARI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments