hero
Kantor Rumah Peduli Dhuafa di Cimahi. (NET/Jimmy)

EDITOR : TITO SIANIPAR

26 Juli 2016, 19:35 WIB

CIMAHI, INDONESIA

Menindaklanjuti pengembangan kasus dugaan pemalsuan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi menggeledah sekretariat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Rumah Peduli Dhuafa (RDP) di Jalan Sangkuriang Kota Cimahi.

Tersangka AS, 42 tahun, turut dihadirkan dalam proses penggeledahan tersebut. Dia mengenakan pakaian tahanan warna oranye ditambah jaket dengan penutup kepala. Petugas membongkar sejumlah lemari dan meja kerja untuk mencari barang bukti terkait. 

Setelah tiga jam menggeledah tempat itu, sejumlah dokumen, berkas, dan sisa kartu BPJS palsu kemudian disita sebagai barang bukti.

Kasat Reskrim Polres Cimahi Ajun Komisaris Reza Arifian mengatakan polisi mencari barang bukti tambahan untuk penyelidikan. Hingga kini, polisi terus mengembangkan kasus ini dan mencari pihak lain yang diduga bekerja sama dengan tersangka. "Kami langsung inventarisir barang bukti tambahan ini," ujarnya, Selasa, 26 Juli 2016.

Kasus kartu BPJS Kesehatan palsu terungkap setelah Budiyanto, 36 tahun,  tak diterima berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi, menggunakan kartu jaminan kesehatatannya. Pihak rumah sakit menganggap kartu BPJS Kesehatan Budiyanto palsu. Sebabnya, nomor registrasi dan barcode yang tertera dalam kartu tersebut tidak dapat dibaca sistem.

Budiyanto yang merupakan warga Desa Kertajaya, Padalarang, Jawa Barat, melalui Ketua Rukun Tetangga, kemudian  mengungkapkan bahwa kartu BPJS Kesehatannya itu dibuat secara massal di desanya. 

Pembuatannya dilakukan secara kolektif yang dikoordinir oleh relawan kesehatan desanya. Warga dipungut biaya sebesar Rp 100 ribu untuk membuat kartu itu dan tidak perlu membayar lagi iuran perbulannya. Masa berlakunya dua tahun.

OCTOBRYAN | JIMMY MARTINO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments