hero
Juru Bicara Kejaksaan Agung Muhammad Rum. (NET/Fuad Kurniawan)

EDITOR : TITO SIANIPAR

26 Juli 2016, 16:35 WIB

INDONESIA

Sejumlah persiapan jelang eksekusi para terpidana mati terus dilakukan. Kendati demikian, pihak Kejaksaan Agung belum mau mengungkap nama-nama yang masuk dalam daftar eksekusi. Tak hanya nama, jumlah pasti, lokasi serta waktu eksekusi pun masih dirahasiakan.

"Persiapan terus kami lakukan. Waktunya sudah semakin dekat. Jadi ini sudah memasuki persiapan akhir. Tapi waktu pastinya belum kita tetapkan,"  kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Muhammad Rum, Selasa, 26 Juli 2016.

Menurut Rum, karena eksekusi yang sudah semakin dekat, maka untuk sementara izin jenguk narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan akan dicabut.

Hingga saat ini, setidaknya 40 terpidana mati telah berada di Nusa Kambangan. Eksekusi akan dilakukan terhadap narapidana yang sudah diverifikasi dan memenuhi persyaratan. 

Rum menambahkan jumlah terpidana mati yang akan dieksekusi akan mengikuti anggaran yang telah dirancang. "Anggaran sudah dicover. Anggaran untuk 16 orang. Tetapi jumlah yang dieksekusi tentu kita prioritaskan yang sudah melaksanakan semua hak hukumnya," kata Rum.

Setidaknya ada dua titik yang kemungkinan akan dijadikan lokasi eksekusi mati. Kedua lokasi ini pernah dijadikan lokasi eksekusi hukuman mati, yakni Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Cilacap dan Lembah Nirbaya, Nusa Kambangan. Tunggal Panaluan pernah dieksekusi terpidana kasus Narkotik pada 18 Januari 2015.

Lembah Nirbaya sendiri dianggap paling sulit dijangkau publik. Lokasi ini pernah digunakan sebagai tempat eksekusi terpidana kasus narkotik Juni 2008, terpidana terorisme bom Bali September 2008, dan eksekusi terpidana pembunuhan berencana pada Mei 2013 silam. 

"Sampai sekarang, ini masih proses persiapan, belum diputuskan tempatnya akan dimana," kata Rum.

ANAN SURYA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments