EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

26 Juli 2016, 11:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Bagi kita kita generasi milenial, isu politik seperti pemilu presiden mungkin nggak begitu menarik jika dibandingkan dengan perkembangan film terbaru ataupun game. Bahkan, politik cenderung kita anggap sebagai sesuatu yang membosankan. Nah, tampaknya kita harus melihat cara anak muda Amerika Serikat belajar pemilu lewat sebuah game.

Game Win The White House. (VOA)

Anak-anak di AS mulai diajarkan bagaimana simulasi mengenai pemilihan presiden melalui game komputer di sekolah. Tujuannya, untuk mengangkat jumlah partisipasi pemilih muda. Well, cara ini terhitung unik dan cukup efektif, karena anak-anak bermain sambil belajar di kelas lewat game “Win The White House”.

“Ini sangat efektif, karena ini diperlukan untuk mengajarkan kepada anak muda untuk terlibat dalam politik dan belajar,” kata Sandra Day O’Connor, Mantan Kepala Asosiasi Pengadilan Tinggi AS.

Game Win The White House. (VOA)

Siswa juga diajarkan secara langsung oleh guru mereka untuk menjalankan game. Di sini, pemain berperan sebagai seorang kandidat. Pemain harus merencanakan seluruh jadwal kampanye dari awal pemilu.

Agar menang, siswa harus mengatur waktu dan mengontrol penilaian pemilu yang mereka dapat dalam kurun waktu sepuluh minggu kampanye. Pemain juga harus memilih penggunaan media yang tepat, keterlibatan masyarakat, polling, dan penggalangan dana.

Game Win The White House. (VOA)

Game “Win The White House” ini juga mengajarkan pemain belajar. Selain itu, siswa akan memahami politik negaranya. Game online ini sendiri telah dimainkan 2,7 juta orang.

Amerika Serikat sendiri rencananya akan menggelar pemilu presiden pada November 2016 mendatang. Dua calon kuat dari Partai Republik Donald Trump dan Partai Demokrat Hillary Clinton akan bersaing ketat untuk masuk ke Gedung Putih. Presiden terpilih akan mulai menjabat pada Januari 2017 tahun depan.

AVILA RIA | VOA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments