EDITOR : PUTU DYAH

24 Juli 2016, 04:20 WIB

INDONESIA

Pesona wisata di Indonesia memang nggak ada habisnya. Bukan cuma melihat keindahan darat atau menyelami bawah laut, sekarang kita juga bisa menikmati pemandangannya dari ketinggian. Apalagi teknologi drone semakin berkembang dan memudahkan traveler untuk merekam kecantikan alam.

Citizen Journalist NET. punya tiga rekomendasi tempat yang terlihat cantik dari ketinggian. Melihat dengan cara “bird view”  tentunya membawa dimensi yang berbeda dibandingkan landscape biasanya.

 

Curug Malela

Curug Malela di Jawa Barat. (NET CJ)

Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 50 meter. Dari atas, kita bisa melihat aliran sungainya yang sangat deras. Bila beruntung, kita bisa menyaksikan ratusan monyet ekor panjang yang sesekali meminum air di Curug Malela.

Air terjun Malela berada di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Hulu sungainya ada di lereng utara Gunung Kendeng. Aliran air terjun ini membentuk jaringan Sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan.

Curug Malela terletak paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 kilometer ini. Urutannya mulai dari Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk.

 

Gunung Batu

Gunung Batu hasil proses geologi Gunung Sunda. (NET CJ)

Namanya memang Gunung Batu, tapi sebenarnya ini adalah bukit setinggi 1228 mdpl. Letaknya di daerah Pagerwangi, tidak jauh dari pusat kota Lembang, Jawa Barat. Dari puncak Gunung Batu, kita bisa melihat pemandangan gunung lain seperti Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Putri.

Dulunya gunung ini terbentuk dari aliran lava saat Gunung Sunda meletus sekitar 1500 tahun lalu. Sekarang daerah ini menjadi pilihan untuk menikmati kota Bandung dan Lembang dari ketinggian. Untuk mendapat pemandangan terbaik, kamu bisa datang dini hari agar bisa menikmati sun rise. Tapi siap-siap kedinginan ya karena suhu di sini saat pagi hari sekitar 13-15°C.

 

Pantai-pantai di Pulau Bangka

Pantai Matras, salah satu pesona pantai di Bangka. (NET CJ)

Bangka terkenal dengan jajaran pantainya yang memesona. Di antaranya Pantai Matras, Tanjung Kelayang dan Pantai Parai. Matras disebut pantai surga dengan hamparan pasir putih yang menyatu dengan biru air laut di sekelilingnya. Pantai yang terbentang sepanjang 3 kilometer jadi pantai favorit wisatawan.

Selanjutnya Pantai Tanjung Kelayang, terkenal dengan batuannya yang seperti tersusun teratur. Batuan granit yang berukuran besar menambah eksotisme pantai. Di sepanjang bibir pantai, juga ada deretan pohon cemara dan pohon kelapa yang bergoyang-goyang saat terkena angin.

Pantai lain yang terkenal di kawasan Bangka, yaitu Pantai Parai. Hamparan pasir putih dengan batuan granit menghiasi daerah ini. Pantai Parai ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau.  Untuk menuju ke tiga pantai ini, kita harus menempuh jarak 40 kilometer dari kota Pangkalpinang dan 7 kilometer dari Sungai Liat. Transportasinya nggak sulit kok, ketiganya bisa kita akses dengan motor atau mobil.

CITIZEN JOURNALIST: INDRA SAPUTRA | FIRYAL FIRDAUS ABDURRAZZAQ | WEIGI HARTANTO 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments