EDITOR : PUTU DYAH

22 Juli 2016, 22:10 WIB

AUSTRALIA

Namanya Graham. Dia bukan "manusia sembarangan". Pria ini punya bentuk tubuh yang disebut ideal untuk bertahan hidup dari tabrakan kendaraaan berkecepatan tinggi.

Anatomi tubuh Graham dipamerkan di Perpustakan Negara Bagian Victoria. (REUTERS)

Graham dibuat oleh seniman Australia, Patricia Piccinini yang bekerjasama dengan dokter bedah dari Melbourne Hospital, Christian Kenfield. Setiap bagian badannya dibuat sesuai kebutuhan seseorang agar selamat dari kecelakan.

Bentuk kepala besar dan tidak memiliki leher. (REUTERS)

“Kepalanya memiliki ukuran tengkorak lebih besar dan berfungsi seperti helm. Graham tidak memiliki leher, tidak ada tulang belakang di bagian leher yang bisa cedera saat kecelakaan. Tulang iganya besar sehingga mampu menyerap kekuatan yang muncul dari tabrakan,” kata dokter bedah Christian Kenfield.

Patung ini terbuat dari fiberglass, silikon, resin dan rambut manusia. Graham dipajang di Perpustakan Negara Bagian Victoria sampai 8 Agustus 2016. Pengunjung juga bisa melihat bagian dalam tubuh Graham, termasuk organ-organnya dengan teknologi augmented reality (AR).

Pengunjung melihat organ dalam tubuh Graham dengan teknologi AR. (REUTERS)

Baru dipamerkan 20 Juli 2016, patung Graham mengundang banyak komentar. Seperti yang disampaikan orang-orang lewat cuitan media Amerika, DailyMail. Begini komentar mereka tentang Graham. 

 

Ada juga yang memberi reaksi ini soal bentuk tubuh Graham. 

 

Graham dibuat bukan sekedar untuk menunjukkan bagian-bagian tubuh yang aman. Dia digunakan untuk kampanye keselamatan berlalu-lintas bersama dengan Transport Accident Commision (TAC). Graham membawa pesan, "You haven't got what I've got and if you drive safely, you won't need it". Bagaimana menurut kamu, lebih baik berkendara dengan aman atau punya bentuk tubuh seperti Graham?

REUTERS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments