EDITOR : DASNITA M. SINAGA

22 Juli 2016, 08:05 WIB

INGGRIS

Kalau kamu menganggap ikan adalah hewan yang bodoh karena tidak mempunyai bagian otak yang utuh, well..think again.

Dalam sebuah percobaan, ilmuwan dari Inggris dan Australia berhasil membuktikan kalau ikan bisa membedakan bentuk dan pola yang rumit. Bahkan ada jenis ikan yang dapat dilatih untuk mengenali wajah manusia lho.

Ikan yang digunakan untuk percobaan adalah archerfish atau ikan sumpit, jenis ikan ini menggunakan semprotan air untuk menyerang mangsanya. 

Dalam tes di lanoratorium, peneliti menunjukan 2 gambar wajah manusia, kemudian ikan ini dilatih untuk memilih salah satu gambar dengan menyemprotkan air.

Hasilnya, ikan tropis ini bisa mengenali 1 gambar dan 44 gambar wajah yang ditunjukkan dengan tingkat kesuksesan hingga 81 persen. Saat fitur wajah diperjelas, seperti bentuk kepala dan memakai gambar hitam-putih, kemampuan ikan meningkat jadi 86 persen.

Peneliti di Departemen Zoologi di Universitas Oxford, Dr. Cait Newport mengakatakan meskipun bagian dari otak ikan kurang utuh dibandingkan hewan lain namun ikan bisa melakukan pengenalan visual canggih. "Ketika Anda melihat gambar otak ikan itu hanya punya apa yang kita anggap bagian primitif dari otak manusia. Namun ikan masih mampu untuk melakukan perilaku yang benar-benar kompleks. Mereka dapat melakukan pengenalan wajah sebagai kami menunjukkan, mereka juga membangun sistem sosial, dan ada beberapa bukti penggunaan alat potensial. " jelasnya

Ikan lain yang juga mahir memilih gambar wajah berwarna hitam putih adalah jenis Triggerfish Picasso. "Sungguh menakjubkan apa yang bisa mereka lakukan dengan otak benar-benar sederhana sebagai manusia suka menyebutnya Meskipun tampaknya sedikit tidak adil untuk menyebutnya sederhana,”  Dr. Cait Newport

Ia menambahkan bahwa ikan bisa menerapkan kemampuan pengenalan pola mereka yang berevolusi untuk mendeteksi mangsa di udara sampai tugas membedakan wajah manusia.

Ingatan yang ditunjukan oleh ikan memberi petunjuk mengenai kemampuan mereka untuk mengenali dan kembali ke teritori yang sama dari tahun ke tahun untuk berkembang biak.

Tim mengatakan otak yang rumit tidak penting, bahkan untuk mengenali perbedaan halus seperti di wajah manusia.

Jadi, kalau kamu lupa memberi makan ikan peliharaanmu, siap-siap disemprot air ya!

 

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments