EDITOR : TITO SIANIPAR

20 Juli 2016, 00:05 WIB

INDONESIA

Pernah kesulitan mencari-cari di Google? Beberapa kali ganti kata kunci tapi masih tidak ketemu yang kamu inginkan? 

Nah, kamu perlu mengetahui trik-trik pencarian yang memudahkan kamu surfing di mesin pencarian Google. Pasalnya menggunakan kalimat biasa di mesin pencarian Google hanya akan membuang waktu.

Untuk pencarian tertentu dengan kata kunci yang tepat, dibutuhkan trik khusus agar pencarian maksimal. Berikut ini sepuluh tips yang dapat digunakan pada mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya.

1. Kata Kunci yang Spesifik
Cara paling mudah dan efektif untuk mencari sesuatu yang spesifik yaitu menggunakan tanda kutip sebelum dan sesudah kata yang kita cari. Hindari menggunakan kata-kata yang umum, karena Google tidak dapat memahami kebutuhan dan keinginan kita masing-masing.

Contohnya, ketika mencari informasi tentang sejarah buku, kamu harus mengetikkan “sejarah buku” pada Google. Jika tidak begitu, mungkin saja yang keluar tidak sesuai dengan apa yang kita cari.

2. Kata Kunci Spesifik dengan Tanda (+) dan (-)
Selain menggunakan tanda kutip, ada penambahan tanda jika kamu ingin mencari sesuatu yang lebih spesifik lagi, terutama jika ada pencarian khusus.

Tanda (+) digunakan untuk mencari sesuatu yang lebih khusus dari yang kita cari. Contohnya, kamu mencari informasi tentang sejarah buku, tapi hanya buku digital saja. Dengan tetap menggunakan tanda kutip, kamu bisa mengetik “sejarah buku” +digital. Hasil yang keluar adalah berhubungan dengan buku digital, dan mengesampingan informasi mengenai sejarah buku yang lain.

Sebaliknya, untuk mengurangi hasil pencarian, gunakan tanda (-). Contohnya jika tadi hanya mencari sejarah buku digital, sekarang kamu mencari semua mengenai sejarah buku, tapi bukan yang berhubungan dengan digital. Maka kamu bisa mengetik “sejarah buku” –digital. Sehingga pada hasil pencarian tidak ada informasi mengenai sejarah buku digital.

3. Mencari Format File Tertentu
Ketika mencari sesuatu dengan kata kunci di Google, beragam format file akan keluar pada hasil pencarian. Untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, format pdf misalnya, kamu bisa menambahkan kode filetype:pdf. Format file yang dicari dapat beragam, seperti doc, xls, mp3, mp4, flv, dan lainnya.

4. Pencarian Sinonim dengan Tanda (~)
Terkadang sulit untuk mencari istilah atau pengertian yang kurang spesifik. Jika kamu ingin menemukan pengertian yang lebih pasti, kamu bisa menggunakan tanda (~). Contohnya, dalam mencari arti mengenai gratifikasi, kamu bisa mengetik ~gratifikasi dan mendapat hasil yang sesuai dengan yang kita cari.

5. Mencari Artikel dari Website
Di website tertentu yang membuat artikel-artikel maupun berita, terkadang sulit untuk menemukan artikel yang kita cari. Namun kamu bisa menemukan artikel tersebut lebih mudah dengan menggunakan kode site:(website).

Contohnya, untuk mencari artikel yang membahas Tito Karnavian pada website netz.id, kamu cukup mengetik site:netz.id tito karnavian. Maka hasil yang keluar adalah semua artikel terkait Tito Karnavian yang dimuat di website Net Z.

6. Tanda (*) untuk Mencari Kata yang Hilang
Seringkali kita melupakan beberapa kata dari kalimat atau informasi yang kita cari. Judul lagu misalnya. Dengan menggunakan tanda (*), Google secara otomatis akan mencari dan menyesuaikan apa yang kita maksud. Contohnya, kamu mau mencari lirik lagu 'A Whole New World', namun melupakan satu kata sebelum World, maka kamu dapat mengetik "A Whole * World" pada mesin pencarian Google.

7. Kalkulator Google
Selain berfungsi sebagai pencarian informasi, mesin pencarian Google juga dapat menjadi sebuah kalkulator. Penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan mengetik simbol '+', '-', '*', '/', '(', dan ')'. Contoh (5+10)*(15-3), dengan cepat akan keluar hasilnya.

8. Intitle dan Intex, Mencari Kata dalam Artikel
Terkadang kita hanya ingin menemukan sebuah teks tertentu dalam website, judul artikel atau dalam teksnya. Intitle dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang terdapat dalam judul, sedangkan intex digunakan untuk kata kunci yang terdapat pada isi artikel.

9. Related, Mencari Situs yang Serupa
Jika kamu sedang mencari situs-situs serupa, kamu bisa menggunakan related. Misalnya kamu mencari situs yang mirip dengan reuters.com, dengan mengetik related:reuters.com, maka kamu akan menemukan situs-situs yang mirip dengan situs tersebut.

10. Menggabungkan beberapa Kode pada Google
Kode pencarian pada Google dapat digabung untuk mendapat hasil yang lebih spesifik. Meski tidak semua dapat digunakan secara bersamaan, tapi dalam beberapa pencarian hal tersebut berlaku.

FELLYA HARTONO

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments