EDITOR : PUTU DYAH

19 Juli 2016, 04:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kalau biasanya cerita pertumbuhan anak diabadikan dalam foto dan video, rekaman unik ini jadi alternatif lainnya. Bridget Sova bernyanyi dan memainkan gitar sambil merekam detak jantung bayi di Rumah Sakit Anak Helen DeVos, Amerika Serikat.

“Menurut saya, detak jantung adalah suara yang indah. Khususnya bagi orang tua, irama jantung anak-anaknya bisa jadi suara terindah,” jelas Sova. “Ini juga sebagai terapi musik. Ketika mendengar rekamannya, orang tua bisa langsung mengingat anak-anaknya.”

Terapi musik melibatkan terapis, anak dan orang tua. (APTN)

Bukan sekedar bermusik, cara ini menjadi terapi untuk anak-anak yang dirawat dan bagi keluarga yang menemani. Sova menggabungkan suara detak jantung dengan berbagai lagu, mulai musik tradisional sampai lagu kekinian dari Katy Perry, Taylor Swift dan Miley Cyrus.

“Saat menggabungkan keduanya, saya tidak pernah mengubah suara detak jantungnya. Tapi menyesuaikan lagu yang dipilih agar pas dengan irama jantung setiap anak,” kata terapis ini.

Rekaman dibuat menggunakan aplikasi khusus di komputer. (APTN)

Salah satu pasien Sova yaitu Adalyn, bayi prematur yang mengalami down syndrome dan kelainan jantung. Orang tua Adalyn menggabung irama jantungnya dengan petikan gitar lagu ‘You Are My Sunshine’. Bagi mereka rekaman ini menyadarkan kalau Adalyn yang berjuang dengan sakitnya masih ada di sekitar mereka.

“Hal ini membahagiakan. Saya bisa mendengar detak jantungnya dan tahu kalau Adalyn tetap kuat dan sehat. Apalagi setelah melewati perjuangan keras di awal kelahirannya,” cerita Kim Betser, ibu dari bayi perempuan ini.

Selain Adalyn, ada juga Mistha, bayi tujuh bulan yang mengalami kekurangan di sistem imun. Suara detak jantung bayi perempuan ini digabung dengan irama bernuansa Haiti, tempat asal orangtua Mistha.  “Kami sangat gembira bisa memiliki hal ini untuk Mistha. Dia menyukai musik,” kata Wildline Jackson, ibu Mistha.

Sova bernyanyi sambil bermain gitar di depan bayi. (APTN)

Teknik terapi musik ini dipelajari Bridget Sova saat magang di Rumah Sakit dan Pusat Kesehatan Anak Cincinnati. Para spesialis di Rumah Sakit DeVos juga sudah mempelajari cara merekamnya. Yaitu dengan stetoskop khusus yang dipasang dekat kerah baju dan memakai aplikasi untuk menghapus suara yang tidak diperlukan.

Selama bertugas, Sova sudah membuat 60-70 musik rekaman detak jantung. Setiap keluarga mendapatkan satu rekaman berisi suara jantung hati mereka.

APTN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments