hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

19 Juli 2016, 22:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bisa mendampingi anak dihari pertama masuk sekolah, pasti jadi momen bahagia dan ditunggu-tunggu Ayah Bunda. Saking bahagianya tak jarang orang tua mengabadikan momen bersejarah ini dan mengunggahnya ke sosial media.

Hati-hati ya, Ayah Bunda, saat berbagi foto si kecil di dunia maya, karena euforia dan kebanggaan yang berlebihan saat anak masuk sekolah baru bisa menjadi ancaman yang membahayakan bagi anak. Resiko pelecehan, penghinaan, atau pun bullying di media sosial bisa terjadi, bahkan tak jarang berakhir pada perampokan, mengundang pedofilia dan penculikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyarankan agar orang tua memperhatikan privasi anak sebelum memutuskan untuk menshare foto anak di media sosial. 

Hal senada juga disampaikan pengamat sosial media, Tuhu Nugraha yang saat ini mengajar di Post Graduate London School Public Relations (LSPR) melalui NETZ. Tuhu memberikan 4 tips  yang perlu diperhatikan orangtua saat mengunggah status dan foto anak ke media sosial:

1. Jangan memberitahu biodata lengkap anak.
Cobalah mengurangi kebiasaan memberitahu secara detail informasi biodata anak di media sosial, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah dan alamatnya, jam masuk dan pulang sekolah, nomor telefon, dan informasi lain mengenai aktivitas anak dari berangkat sekolah hingga pulang ke rumah. Informasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penculikan ataupun pengintaian.

 

2.  Hati-hati dalam memilih foto dan mengupdate status di sosial media
Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan teman yang dapat dipercaya saja. Dan berilah status foto dengan bijaksana tanpa melebih-lebihkan atau sebaliknya. Contoh, ketika mengunggah foto anak berpenampilan culun namun dianggap lucu, ini bisa menjadi bahan ejekan teman anak di sekolahnya. Yang paling dikawatirkan adalah ini bisa menimbulkan bullying saat mereka dewasa.

 

3. Matikan fitur tag location
Sebaiknya orangtua tidak memberitahukan secara detail lokasi dimana anak berada dengan mematikan tag location atau penanda lokasi pada sosial media saat mengunggah status atau foto. Ini sangat penting untuk menghindari kasus penculikan anak.  

 

4. Jangan unggah foto anak menggunakan barang berharga
Orang tua sering kali lupa penampilan imut si kecil dengan memakai perhiasan ataupun barang-barang mewah lainnya di foto, bisa membahayakan sang buah hati. Penggunaan barang-barang yang tidak pada tempatnya ini bisa memancing para perampok atau penculik anak. Cukup berikan anak perlengkapan yang dibutuhkan seperti buku dan alat tulis lainnya.

 

Bijak dalam menggunakan sosial media ya Ayah Bunda, jangan sampai tujuan kita untuk berbagi momen keseruan di hari pertama masuk sekolah malah membahayakan sang anak.

 

REPORTER: TRIO SATRIA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments