hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

19 Juli 2016, 13:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Demam permainan Pokemon Go tengah melanda Indonesia. Aplikasi permainan ini belakangan menjadi tren bagi sebagian kalangan, terutama anak-anak dan remaja. Sempat ada kabar, permainan ini akan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Namun informasi itu ditepis oleh Kemenkominfo.

“Sampai saat ini kita tidak ada niat untuk memblokir Pokemon Go karena memang sudah jelas tidak ada yang dilanggar,” ujar Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kemenkominfo juga telah mengevaluasi aplikasi permainan ini bersama dengan instansi lainnya. Hasilnya, tidak ada indikasi yang mengarah pada pelanggaran aturan. Tetapi di sisi lain, Kemenkominfo mengeluarkan imbauan jika aplikasi permainan ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah berusia di atas 13 tahun.

“Untuk anak-anak syaratnya adalah 13 tahun ke atas. Jadi kalau ada anak yang bermain dan usianya di bawah itu, wajib didampingi orang tuanya,” tambah Ismail.

Sejauh ini Kemenkominfo menilai aplikasi permainan Pokemon Go masih aman. Namun para penggunanya disarankan tetap memerhatikan lingkungan sekitar.

“Tetap waspada terhadap lingkungan anda, kemudian jangan memasuki ruang-ruang yang memang dilarang,” kata Ismail kepada NET, pada Selasa, 19 Juli 2016.

Selain anak-anak dan remaja, tidak sedikit orang tua yang ikut mencoba bermain Pokemon Go. Dalam waktu sekejap, permainan kreasi John Hanke ini telah memecahkan semua rekor unduhan aplikasi digital yang pernah ada. Di pekan pertamanya saja, aplikasi Pokemon Go diunduh oleh lebih dari 10 juta penggunanya. Tak hanya itu, lama waktu yang dihabiskan untuk bermain Pokemon sempat tercatat berada di atas rata-rata pengguna Facebook, Snapchat, Instagram dan Whatsapp.

DILLA HANTIKA | EDITYA WAHYU

 

12

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments