EDITOR : PUTU DYAH

18 Juli 2016, 14:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Barber delivery haircut service alias cukur rambut panggilan. Inilah jasa yang ditawarkan Nikasius Dirgahayu atau Nick, lewat usahanya Nick Barbership.

Nick menggabungkan hobinya memotong rambut dengan kebutuhan orang-orang yang nggak punya banyak waktu untuk pergi ke barbershop. Potong rambut pun bisa dilakukan di mana saja, seperti kos-kosan, kantor, di bawah pohon bahkan rumah sakit.

Jasa ini melayani cukur rambut di mana saja sesuai permintaan pelanggan. (IG @nick_thebarbership))

“Kalau di Indonesia sepertinya pekerjaan ini remeh temeh. Baru sedikit anak muda yang menggeluti. Tapi di Amerika, ini jadi sub culture masyarakat,” kata pria lulusan seni rupa ini.

Pekerjaan ini membuat Nick dekat dengan banyak orang, mulai dari orang biasa sampai yang terkenal. Beberapa public figure seperti Dannis Adhiswara, Raditya Dika Rafi Ahmad, termasuk politisi Hidayat Nur Wahid pernah mencoba layanan potong rambut oleh pria ini.

Dennis Adhiswara salah satu pelanggan cukur rambut Nick. (NET/ Yohanes J.)

Buat Nick, jasa barbershop bukan sekedar memendekkan rambut seseorang. Tapi juga memberi potongan terbaik untuk penampilan pelanggannya.

“Biasanya aku tanya mau gaya rambut apa, nyamannya bagaimana. Tapi kalau ada pelanggang yang mau coba gaya baru, aku liat lagi bentuk kepala bentuk wajah, klo nggak cocok, nggak aku sarankan,” jelas Nick.

Media sosial jadi sarana utama Nick untuk memperkenalkan jasanya. Berbagai foto gaya rambut hasil karyanya, bisa kita lihat di sini. Orang-orang yang ingin mendapatkan jasa Nick, tinggal menelpon dan menunggu barber ini datang ke lokasi tujuan. Sekali potong rambut, ia mematok harga Rp 100 ribu per kepala.

Salah satu hasil potongan Nick. (IG @nick_thebarbership)

Nick memulai usaha cukur rambut sejak tahun 2012. Kemampuan ini dia pelajari secara otodidak. Ia sering diminta merapikan rambut teman-temannya saat kuliah di Institut Kesenian Jakarta. Berawal dari modal Rp 2 juta, sekarang usahanya menghasilkan pendapatan Rp 10- 15 juta per bulan.

Walaupun jasa cukur rambutnya diadakan keliling, kualitasnya nggak sembarangan. Nick sering mengupdate gaya rambut terbaru baik di dalam ataupun luar negeri. Pria ini juga menggunakan produk impor baik alat atau perlengkapan lainnya, untuk memberi hasil terbaik.

Nick bercita-cita keliling dunia sambil menjalankan usaha cukur rambutnya. Belum puas dengan delivery haircut service, pria ini juga berencana membuka gerai barbershop yang menetap di satu tempat. 

ARSY NURILISANI

24

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments