hero
Orang Tua Korban Vaksin Palsu. (NET/Mayfree Syari)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 Juli 2016, 17:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Puluhan orang tua korban vaksin palsu mendatangi Rumah Sakit Harapan Bunda, Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat, 15 Juli 2016. Mereka datang untuk meminta penjelasan mengenai temuan vaksin palsu yang digunakan oleh rumah sakit ini.

“Kita cuma mau pihak rumah sakit bertangung jawab atas pernyataan dia. Bahwa vaksin hanya keluar Maret sampai Juni 2016. Kita mau hitam di atas putih kalau terjadi apa-apa dengan vaksin itu mereka mau tanggung jawab," ujar Erlis Thertina.

Orang Tua Korban Vaksin Palsu, 15 Juli 2016. (NET/Mayfree Syari)

Sayangnya, manajemen rumah sakit tak kunjung datang. Para orang tua yang telah lama menunggu emosi hingga terjadilah bentrok. Aksi dorong antara orang tua dan petugas keamanan terjadi.

Melihat kondisi yang semakin tak terkendali, akhirnya pihak rumah sakit bersedia menemui orang tua pasien yang telah menunggu sejak pagi. Ketua Komite Medis Rumah Sakit Harapan Bunda dr. Seto Anggoro menjelaskan jika ada beberapa pihak yang memanfaatkan kekosongan vaksin pada bulan Maret hingga Juni kemarin.

"Kekosongan terjadi bulan Maret sampai Juni karena rumah sakit memang tidak ada dan rumah sakit tidak mau beli dari yang bukan resmi. Sehingga banyak pasien yang diminta membayar vaksin langsung kepada dokter tanpa melalui kasir rumah sakit. Dari vaksin tersebutlah disinyalir palsu,” kata dr. Seto Anggoro.

Pihak Rumah Sakit Harapan Bunda sendiri tidak menampik jika vaksin palsu beredar di rumah sakit ini. Untuk itu, sejak Jumat pagi, posko pengaduan untuk mendata pasien yang pernah divaksin di rumah sakit ini dibuka. Manajemen RS Harapan Bunda juga telah menandatangani surat pernyataan yang isinya siap bertanggung jawab dan akan menanggung biaya vaksin ulang.

Surat Pernyataan RS Harapan Bunda, Jaktim, 15 Juli 2016. (Mayfree Syari)

Bareskrim Polri dan Kementerian Kesehatan sebelumnya merilis ada 14 rumah sakit yang terindikasi menggunakan vaksin palsu. Rumah sakit tersebut tersebar di Bekasi dan Jakarta Timur. Berikut ini daftar 14 rumah sakit tersebut:

1. DR Sander, Cikarang

2. Sentral Medika, Jalan Industri Pasir Gombong

3. Bhakti Husada, Terminal Cikarang

4. RSIA Puspa Husada

5. Karya Medika, Tambun

6. Kartika Husada, Jalan MT Haryono Setu, Bekasi

7. Sayang Bunda, Pondok Ungu, Bekasi

8. Multazam, Bekasi

9. Permata, Bekasi

10. Hosana, Bekasi, Jalan Pramuka

11. Harapan Bunda, Kramat Jati, Jakarta Timur

12. Elisabeth, Narogong, Bekasi

13. Hosana, Lippo Cikarang

14. RSIA Gizar, Villa Mutiara Cikarang

MAYFREE SYARI

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments