hero

EDITOR : PUTU DYAH

14 Juli 2016, 15:15 WIB

INDONESIA

Aria Permana, bocah asal Purwakarta, Jawa Barat ramai dibicarakan di Indonesia dan dunia internasional. Nggak tanggung-tanggung, dengan bobot tubuhnya yang sampai 192 kilogram, dia disebut sebagai anak tergemuk di dunia.

Aria lahir normal dengan berat 3,8 kilogram. Tapi saat berumur empat sampai lima tahun, anak laki-laki ini susah tidur kalau belum mengonsumsi makanan dan minuman manis. Dalam sehari, dia bisa menghabiskan sampai 20 minuman kemasan. Hasilnya, berat Aria melonjak drastis.

Dengan tubuh sebesar ini, Aria terpaksa tidak ke sekolah untuk sementara dan belajar di rumah. Dia masih bisa beraktivitas seperti ke kamar mandi sendiri tanpa dibantu orang lain. Tapi dia sering mengeluh sesak napas kalau berjalan kaki. 

Aria nggak sendiri, di negara-negara lain juga ada anak-anak yang bernasib sama. Sebesar apa mereka? Berikut tujuh anak yang mengalami obesitas:

Jessica Leonard 

Saat berusia 8 tahun, berat badan Jessica sudah mencapai 190,5 kilogram. Anak perempuan ini mengalami obesitas sejak umurnya 2 tahun dengan berat 49,9 kilogram. Saat 4 tahun bobotnya meningkat hampir dua kali lipat yaitu seberat 90,7 kilogram.

Akibat ukuran tubuh yang tidak wajar, Jessica tidak bisa berjalan dan menggunakan kursi roda. Ia kemudian mengatur pola makan secara ketat sambil meminum obat pengekang rasa lapar. Hasilnya, berat Jessica turun menjadi 145 kilogram. 

Dzambulat Khatokhov

Dzhambulat Khatokhov  (vimeo.com)

Selama bertahun-tahun, Dzambulat Khatokhov dikenal sebagai anak terberat di dunia. Saat usianya 9 tahun, bobotnya sudah melebihi berat pemain National Football League, yaitu 146,9 kilogram. 

Kondisi ini menyebabkan Dzambulat tidak bisa beraktivitas seperti anak-anak sebayanya. Ia tidak bisa jongkok, tidak berkeringat dan tidak bisa melakukan gerakan bebas lainnya. Kegemukan yang dialami Dzambulat menjadi bahan penelitian seorang ahli obesitas Dr. Ian Campbell pada tahun 2006. 

Justin Painter 

 

Tubuh Justin Painter sudah seberat 113,4 kilogram saat usianya baru tujuh tahun. Masalah kegemukan ini dialami Justin sejak masih berusia balita. 

Ibu Justin pun mengontrolnya dengan program diet ketat. Dia hanya boleh mengonsumsi satu piring daging dan sayuran serta dijauhkan dari konsumsi cemilan seperti keripik dan kue manis. Orangtua Justin menjaga fisik anaknya agar terus aktif bergerak. 

Suman Khatun 

Suman Khatun (szokblog.pl)

Dua mangkuk besar nasi, dua piring ikan goreng, dua telur goreng dan dua omelete, itulah porsi makan Suman Khatun. Ayahnya yang hanya berpenghasilan US $ 15 seminggu bahkan kewalahan memenuhi kebutuhan konsumsi bocah asal India ini. 

Saat berumur 6 tahun, Suman Khatun memiliki berat badan 90,7 kilogram. Menurut ibunya, Beli Bibi, Suman sering menangis untuk meminta makanan. 

Lu Hao

Lu Hao (telegraph.co.uk)

Berbobot kecil waktu lahir bukan berarti tidak bisa menggemuk. Inilah yang terjadi pada Lu Hao. Saat lahir beratnya hanya 2,6 kilogram, tapi di usia 3 tahun bobotnya melonjak sampai 59,9 kilogram 

Lu Hao kesulitan mengontrol nafsu makannya sendiri. Ibunya Lu Chen Yuan terpaksa memberi makanan apapun yang tersedia agar Lu Hao berhenti menangis. 

Bobby 

Bobby  (metro.co.uk)

Seorang ibu bernama Rebecca menulis surat panjang berisi kekhawatiran tentang anaknya yang gemuk. Ia mengaku putus asa mengontrol nafsu makan anaknya, Bobby. Balita laki-laki ini bisa marah besar dan baru berhenti setelah diberi tambahan makanan.

Bobby memiliki berat badan 58,9 kilogram saat baru berusia 3 tahun. Dia tidak bisa memakai baju-baju lucu seperti balita lainnya. Ukuran pakaian yang pas untuk bocah ini adalah pakaian remaja. 

Honey Boo Boo

Honey Boo Boo  (feelgrafix.com)

Nggak percaya kalau terlalu banyak karbohidrat dan junkfood bisa bikin gemuk? Anak bernama Alanna Thompson alias Honey Boo Boo ini buktinya. 

Boo Boo sangat menyukai masakan ibunya, seperti spaghetti dengan saus tomat, nugget dan jenis masakan lain yang mengandung karbohidrat. Saat bosan dengan makanan rumah, Boo Boo disuguhkan makanan cepat saji seperti McD dan Taco Bell. Akibat kebiasaan ini, Boo Boo memiliki berat 56,7 kilogram saat duduik di kelas empat SD.

TRIO SATRIA | THE RICHEST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments