EDITOR : DASNITA M. SINAGA

12 Juli 2016, 18:03 WIB

SOLO, INDONESIA

Yang kamu lihat ini sekilas mirip dengan ikan koi sungguhan yang hidup di dalam air. Tapi jangan salah ya, ikan-ikan cantik ini ternyata adalah lukisan 3 dimensi hasil karya seorang seniman asal Solo bernama Umar.

Sudah 6 bulan ini Umar menekuni lukisan 3 dimensi di kediamannya di kawasan Semanggi pasar Kliwon, Jawa Tengah. Umar memanfaatkan kayu-kayu limbah furnitur sisa ekspor sebagai media melukis, cat akrilik untuk pewarnaan, serta resin dan juga katalis sebagai lapisan.

Pembuatan lukisan koi 3 dimensi di atas wadah kayu diakui Umar memang cukup rumit,“ Satu lukisan itu minimal 4 lapis, bahkan sampai 7 hingga 8 lapis tergantung ketebalan dan berapa jumlah ikan,” jelasnya.

Setelah kayu dibersihkan, Umar menuangkan cairan resin yang dicampur katalis. Cairan ini akan mengering lalu membentuk lapisan kaca yang melekat. Dan di atasnya, Umar mulai melukis menggunakan cat akrilik.

Dan hasilnya, keren banget! Karena ikan koi terlihat seperti nyata.

Dalam sehari Umar mampu mebuat 10 lukisan koi 3 dimensi yang dijual dengan harga dari Rp. 200 ribu hingga Rp 1,5 juta tergantung ukuran dan tingkat kesulitan lukisan.

Lukisan 3 dimensi ini juga bisa dibeli secara online. Dengan cara ini Umar sudah memasarkan produknya hingga ke beberapa kota di Indonesia. Dan dengan karyanya ini, Umar merasa optimistis memasuki Masyarakat Ekonomi Asean.

 

CITIZEN JOURNALIST: IS ARIYANTO

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments