EDITOR : PUTU DYAH

11 Juli 2016, 14:30 WIB

TURKI

Travelling dengan modal jempol? Bisa banget. Caranya dengan hitchhiking. Seperti yang dilakukan Abdurahman Faiz, warga negara Indonesia yang tinggal di Turki. Dia sudah bepergian hingga ribuan kilometer hanya dengan menaikkan jempol atau membawa kardus bertulis nama kota tujuan, sambil berdiri di pinggir jalan raya.

Abdurahman dan rekannya saat menunggu mobil tumpangan. (NET CJ)

Bagi Abdurahman, hitchhiking adalah pengalaman menarik sekaligus tantangan mental. Setiap hitchhiker tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi selanjutnya.

Nggak jarang orang-orang tertawa karena mereka pikir kita nggak punya uang. Terus teriak dan meledek bahkan sampai dilempari sampah,” tulis Abdurahman di NET Citizen Journalist.

Biasanya para hitchhiker harus menunggu beberapa menit sampai beberapa jam untuk mendapatkan tumpangan. Abdurahman pernah menumpang seorang pengusaha yang membawa mobil Range Rover. Tapi pernah juga dengan kakek yang pintu mobilnya harus diselotip dan yang paling sering menumpang truk barang.

Setelah dapat tumpangan, bukan berarti petualangan selesai. Pemuda ini pernah diturunkan di tengah malam dengan suhu -16°C, dibohongi sopir truk dan dipaksa keluar dari mobil tumpangan.

Hitchhiking membuka pikiran dan membangun kepercayaan diri saya. Saya jadi belajar sabar dan bisa berkenalan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang,” cerita Abdurahman.

Usahakan untuk berkomunikasi dengan baik saat menjadi hitchhiker. (NET CJ)

Nah buat kamu yang mau jadi hitchhiker, siapkan langkah-langkah berikut ini. Setelah mendapat mobil, utamakan sikap toleransi karena kita nggak pernah tahu karakter asli pemberi tumpangan.

Usahakan memakai bahasa lokal, agar komunikasi lebih lancar. Setidaknya kuasai beberapa kata yang sering dipakai, seperti kalimat perkenalan, apa kabar dan terima kasih.

Jalan-jalan sambil hitchhiking, pastikan untuk selalu percaya diri. Supaya travelling kamu tetap asyik, seru dan menyenangkan.

 

CITIZEN JOURNALIST: ABDURAHMAN FAIZ 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments