hero

EDITOR : PUTU DYAH

11 Juli 2016, 16:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Foto dan meme bergambar Pikachu, Squirtle dan karakter Pokemon lainnya ramai mewarnai media sosial. Yap, virus ‘Pokemon GO sedang merebak di masyarakat, terutama di kalangan para pecinta game.

Pemain Pokemon GO harus menangkap sebanyak mungkin monster-monster lucu di dunia maya. Tapi permainan ini berkonsep augmented reality alias terintegrasi dengan dunia nyata. Pemain mesti berkeliling daerah sekitarnya atau lokasi-lokasi lain untuk menemukan sosok Pokemon ciptaan Satoshi Tajiri ini. Hasil gabungan dunia nyata dan dunia Pokemon nantinya terlihat melalui layar smartphone.

Di tengah keseruan permainan ini, ada masalah yang dialami produsen aplikasi Pokemon GO. Tingginya antusiasme dari gamers membuat server permainan ini overload sejak hari peluncurannya, 7 Juli 2016. Akibatnya para pemain mengalami kesulitan log in, terjadi crash dan permainan terhenti mendadak. Hal ini langsung mendapat tanggapan dari pihak Pokemon GO.

Keseruan Pokemon GO juga baru bisa dinikmati beberapa negara, antara lain Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Jepang. Sementara gamers di Indonesia baru bisa menikmati aplikasinya dalam versi beta.

Selain soal server, ada kecemasan lain dari permainan ini. Seperti diulas dalam Forbes, Pokemon GO dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah keamanan. Apalagi sistem dengan dunia nyata mendorong pemain untuk menemukan Pokemon dimana saja. Seperti di kantor polisi, halaman rumah tetangga atau tempat lain yang termasuk wilayah privasi seseorang.

Pengguna sistem Android dan iOS bisa mengunduh game ini secara langsung. Dari data SimilarWeb, aplikasi Pokemon GO bahkan mengalahkan Twitter untuk pengguna aktif harian di Android. Dengan keseruannya, berbagai aspek masih jadi perhatian untuk meningkatkan kualitas permainan.

TRIO SATRIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments