hero

EDITOR : PUTU DYAH

11 Juli 2016, 12:10 WIB

AMERIKA SERIKAT

Gadget terbaru biasanya dianggap aneh oleh publik yang belum terbiasa dengan fungsi atau bentuknya. Tapi seiring berjalannya waktu, peranti ini mulai dianggap lumrah bahkan nggak sedikit orang yang kesehariannya bergantung pada gawai ini.

Dari semua peranti teknologi yang pernah dibuat, ada yang masih dianggap nggak biasa sejak awal kemunculannya sampai sekarang. Berikut 6 alat teraneh yang dirilis tim bisnis dan teknologi majalah TIME:

1. Selfie Toaster

Pemanggang roti ini dirilis waktu kebiasaan selfie sedang booming, yaitu sekitar tahun 2014. Walaupun disebut selfie toaster, kita nggak bisa melakukan swa foto dengan alat ini. Wajah seseorang yang akan dibuat pada roti, harus dibuat cetakannya terlebih dulu.

Produsen pemanggang ini, Burnt, memberi beberapa syarat untuk foto selfie yang akan dipakai. Salah satunya, hanya boleh ada satu wajah agar hasilnya berkualitas. Satu cetakan selfie dihargai US $ 69 atau sekitar Rp 828 ribu.

2. MindWave EEG Headset

Mengontrol komputer pakai mouse dan keyboard? Itu hal biasa. Tapi kalau sudah menggunakan MindWave EEG Headset, kamu nggak perlu lagi alat-alat itu.

Produk mobile buatan Neurosky ini bisa membaca gelombang otak. Alat ini juga dilengkapi dengan permainan dan aplikasi lain yang bisa kita kontrol. Bahkan Neurosky mengklaim, MindWave Headset bisa merekam kemampuan otak kita.

Dengan semua kecanggihannya, banyak orang menilai kalau pengontrolan komputer lewat pikiran manusia masih memerlukan waktu lama.

3. Moodmetric

‘Simpel way to manage stress’, itulah tagline dari Moodmetric. Berbentuk seperti cincin, alat ini bisa ‘membaca perasaan’ seseorang. Moodmetric terkoneksi dengan aplikasi smartphone agar kita bisa mengontrol emosi.

Moodmetric bekerja dengan mengukur sinyal dari sistem saraf, kemudian tersampaikan lewat plat metal pada cincin. Anehnya,  kenapa kita perlu gadget untuk mengetahui mood yang bisa kita rasakan sendiri?

4. Oakley Thump MP3 Sunglasses

Oakley yang dikenal dengan produk kacamatanya berinovasi dengan menambah perangkat headset dan memori penyimpanan. Seseorang bisa menikmati liburannya dengan kacamata hitam dan musik kesukaan hanya dengan satu gadget.

Oakley Thump pertama kali rilis tahun 2004 dengan harga US $ 395 (sekitar Rp 4,7 juta) untuk kapasitas memori 128 MB. Padahal waktu itu, Apple juga menjual iPod berkapasitas 40 GB hanya seharga US $ 399.

Sejak itu, Oakley Thump sudah dirilis beberapa kali. Thump 2 muncul pada 2005, kemudian Thump Pro tahun 2006 dan Split Thump di tahun 2007. Semuanya dilengkapi dengan tambahan kapasitas penyimpanan.

5. Pavlok

Pavlok berfungsi untuk memotivasi kita dalam menjalankan kebiasaan sehari-hari. Tapi berbeda dengan Apple Watch yang mengingatkan kita untuk berdiri setiap satu jam dan Fitbits yang menunjukkan seberapa jauh kita berjalan tiap hari. Pavlok justru terkait dengan kebiasaan buruk seperti merokok atau gerakan ‘mematahkan’ jari-jari saat badan terasa pegal.

Saat pemakai gelang Pavlok melakukan kebiasaan tadi, alat ini akan mengingatkan lewat guncangan kejutan. Intensitas guncangannya bisa diatur mulai dari pelan sampai guncangan kencang yang membuat pemakainya tidak nyaman.

Gadget ini dijual seharga US $ 179,99 (sekitar Rp 2,2 juta). Setiap pemakai Pavlok diharapkan menjauh dari kebiasaan buruk yang sering mereka lakukan.  

 

TIME

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments