hero

EDITOR : PUTU DYAH

10 Juli 2016, 08:30 WIB

KOREA SELATAN

Apa kamu termasuk fans Super Junior dan Film Descendants of The Sun? Atau bercita-cita travelling ke Jeju Island di Korea Selatan? Berarti kamu berkebalikan dengan laki-laki Korea bernama Yo Honey, pemilik akun Youtube Cowok Korea.

Cowok yang memakai nama Yohan Ju di Facebooknya ini memposting berbagai hal yang dia sukai tentang Indonesia. “Hai! Aku COWOK KOREA, YoHoney!  Aku Cinta Indonesia! Dan aku ingin mengenalkan Indonesia kepada dunia! Aku membuat video lucu berbagai hal tentang Indonesia dan Korea” tulis Yo Honey di deskripsi Youtube.

Video pertama berisi perkenalan Yo Honey yang menyatakan kalau dia cinta Indonesia. Setelah itu ia mulai merekam pengalamannya mencicipi berbagai kuliner seperti sambal terasi, kerupuk, sate ayam dan makanan khas nusantara lainnya. Makanan-makanan ini didapat dari warung atau toko di Korea Selatan yang menjual produk Indonesia. Selain itu, pria ini juga menyanyikan lagu-lagu dari artis Indonesia yang diterjemahkan ke bahasa Korea.

Yo Honey nggak sendirian, dia mengajak orang-orang di sekitarnya untuk berpartisipasi dalam video. Dia sering meminta bantuan warga negara Indonesia untuk memberi berbagai info tentang budaya, kuliner, termasuk belajar bahasa.

Tapi dari video Yo Honey, ada satu fakta yang disayangkan. Di tengah demam Korea yang melanda anak muda Indonesia, orang-orang di negeri ginseng justru nggak banyak tahu tentang negara kita. Hal ini terlihat di video ‘How do Korean people think about Indonesia?’ yang berisi wawancara Yo dengan beberapa anak muda Korea.

“Apa yang kamu tahu tentang Indonesia?” tanya Yo Honey. “Saya tidak tahu. Saya dengar Eru (anggota boyband Korea) terkenal di sana,” kata salah satu pemuda. “Sepertinya nggak ada orang yang bepergian ke Indonesia. Yang ada orang-orang pergi ke Bali untuk travelling, bukan ke Indonesia,” kata salah satu wanita muda.

Sejak video pertamanya rilis pada Mei 2016, sudah ada ratusan ribu orang yang jadi penonton setia Cowok Korea di Youtube. Termasuk orang-orang Indonesia yang heran dengan Yo Honey. “Saya jarang melihat orang dari luar yang mau susah susah mengenal kebudayaan Indonesia apalagi mengenalkannya kepada orang asing.. terima kasih banyak.good luck,” kata pemilik akun Esther Merllina.

Well, di tengah keunikannya, video-video Yo Honey ini mengingatkan agar kita nggak lupa sama budaya sendiri. Kita juga harus bangga memperkenalkan budaya Indonesia dimanapun berada, supaya nggak kalah sama Cowok Korea. 

PUTU DYAH

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments