EDITOR : PUTU DYAH

7 Juli 2016, 04:15 WIB

JAWA TENGAH, INDONESIA

Kota Solo punya pilihan tempat lain untuk cari souvenir lho. Bukan hanya Pasar Klewer, tapi juga ada Pasar Triwindu dan Pasar Kreatif yang isinya nggak kalah menarik buat oleh-oleh.

Pasar Kreatif

Pasar Kreatif didirikan 28 Februari 2016 dan digagas oleh Komunitas #KotaSolo. Tempat ini menampung karya anak muda Solo yang berkreasi dengan berbagai benda. Seperti tas dari bahan jeans, kreasi tempurung kelapa, karung goni dan banyak lagi.

Kreasi dari karung goni dan pipa bekas di Pasar Kreatif. (NET CJ)

 

Setiap kios tidak dibatasi sekat karena menggunakan konsep galeri bersama. Selain untuk menjual hasil UKM dan UMKM, pasar juga berfungsi untuk bengkel kerja serta co-working space, lengkap dengan fasilitas internetnya.

Pasar Kreatif terletak di lantai II sisi utara Pasar Kembang, Kecamatan Laweyan, Solo. Setiap dua minggu sekali, tata letak kios dalam pasar terus diubah. Tujuannya agar tidak membosankan dan selalu menghadirkan suasana baru bagi pengunjung pasar.

BACA JUGA: 
Tiga Jajanan yang Wajib Kamu Coba di Pasar Gede
Berani Bertualang Kuliner di Pasar Tomohon?

Pasar Triwindu

Kamu penyuka barang-barang antik? Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro atau di depan Pura Mangkunegaran, Solo jadi tempat yang tepat.

Di sini kita bisa menemukan beragam benda dari puluhan tahun lalu, seperti lampu gantung, televisi, perkasas rumah tangga juga karya seni tempo dulu. Untuk penyuka otomotif, ada juga koleksi onderdil yang langka kita dapatkan di tempat lain.

Jajaran televisi kuno di Pasar Triwindu. (NET CJ)

 

Barang-barang yang ada di Pasar Triwindu bukan cuma berasal dari kota Solo dan sekitarnya. Tapi juga dari daerah lain, bahkan mancanegara, antara lain Eropa, Cina dan India. Selain barangnya yang antik, sistem perdagangan di sini juga unik. Sebagian penjual masih menerapkan sistem barter atau tukar menukar barang. Tentunya dengan kesepakatan sesuai nilai benda yang dibarter.

CITIZEN JOURNALIST: Eko Primaryanto | Bagas Budi Satria 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments