hero

EDITOR : PUTU DYAH

6 Juli 2016, 03:20 WIB

AMERIKA SERIKAT

Hari Raya Idul Fitri identik dengan momen saling memaafkan dan menjalin kembali silaturahmi. Kebiasaan meminta maaf  ternyata bukan hanya baik karena sesuai dengan ajaran agama. Dari sisi ilmu pengetahuan, ada keuntungannya  juga lho .

Hasil riset psikologi dari empat peneliti gabungan Luther College dan University of California, Amerika Serikat menunjukkan kalau memaafkan berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Orang dengan pribadi memaafkan, baik kesalahan diri sendiri atau orang lain, dapat menghilangkan kecenderungan stres dan sakit fisik.

“Sikap memaafkan bisa menghapus stres sampai tingkat nol. Kalau anda tidak punya kecenderungan itu, maka anda akan merasakan efek stres jangka panjang dan anda tidak memiliki penawar untuk mengatasi itu,” jelas Loren Toussaint, peneliti dari Luther College USA, seperti dilansir TIME, Juni 2016.

Hasil ini didapat berdasarkan riset pada 148 orang berusia 20-an. Kalangan ini dinilai rentan menghadapi tekanan, baik karena urusan kerja, keuangan atau masalah lainnya. Mereka yang tidak bisa memaafkan, memiliki kondisi mental dan kesehatan fisik yang lebih buruk dari para pemaaf. Stres juga menyebabkan seseorang sulit mengontrol diri dan biasanya lebih sering memilih makanan yang tidak sehat.

Temuan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Para peneliti masih mencari kaitan antara sifat mengampuni dengan perlindungan dari penyakit dan stres pada seseorang. Tousaint menambahkan kalau sifat ini masih bisa dipelajari. Karakter memaafkan dari seseorang juga bisa ditambah tingkatannya dengan doa dan meditasi.

“Saya rasa semua orang ingin merasa baik. Temuan ini menawarkan anda cara untuk mendapatkan hal itu,” kata Tousaint. Maaf-maafan yuk, biar nggak stres! 

 

TIME

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments