hero
Grafis pertarungan video Akilah dan BuzzFeed. (NET/Naufal)

EDITOR : TITO SIANIPAR

6 Juli 2016, 05:40 WIB

AMERIKA SERIKAT

Seorang youtuber Akilah Hughes menuding situs BuzzFeed menjiplak karyanya. Akilah memobilisasi dukungan di laman change.org atas aksi plagiat BuzzFeed.

"BuzzFeed berulang kali mencuri ide, lelucon, dan isi video, sehingga menghasilkan uang dari ide pencipta awalnya," tulis Akilah di website-nya, seperti yang dilansir situs berita The Independent. 

Akilah merujuk pada salah satu produksi BuzzFeed Motion Pictures yang di-publish Rabu, 29 Juni 2016 lalu. Video berjudul The Perfect Weekend For An Introvert itu dituding menjiplak karya Akilah berjudul How To Be An Introvert, yang di-posting-nya pada 20 Januari 2015.

Akilah Hughes (itsakilahobviously.com)

 

Yang membuat Akilah jengkel adalah jumlah viewer yang jomplang. Meski baru hitungan hari, video BuzzFeed sudah ditonton lebih dari 710 ribu kali. Sementara video dia dalam hitungan tahun cuma 63 ribu.

"Video itu punya dua lelucon yang persis sama dengan video saya dengan dua lelucon itu," kata Akilah kepada The Independent. Perbedaan jumlah penonton, lanjut Akilah, juga berarti beda pendapatan.

Zach Evans, yang memproduseri video untuk BuzzFeed Motion Pictures meminta maaf kepada Akilah di twitter. "Saya bersumpah bahwa itu hanya ketidaksengajaan," kicau Zach.

Akilah yang sebal dengan tingkah BuzzFeed ini membuat petisi di laman change.org yang mengajak orang mendukungnya untuk menghentikan plagiasi dari BuzzFeed. "Its time to #StopBuzzThieves," tulisnya.

Pasalnya, menurut Akilah, BuzzFeed sudah beberapa kali melakukannya. Selain soal introvert tadi, ada juga video tentang waffel, reaksi orang Asia dan orang kulit hitam, hingga karya soal kecantikannya. "Jangan biarkan model bisnis seperti ini menjadi status quo," tulis Akilah.

Akilah memiliki kanal di youtube dengan akun bernama Smoothiefreak. Beberapa karya Akilah juga pernah muncul di Fusion, Essence, MTV dan beberapa outlet media utama lainnya. 

TITO SIANIPAR | THE INDEPENDENT

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments