hero
Silahturahmi Komunitas Perantau di Jakarta (NET/Trio)

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

6 Juli 2016, 16:20 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Saat Lebaran, kegiatan apa yang paling sibuk kamu lakukan? Kebanyakan, pasti akan menjawab: silaturahmi. Keliling dari rumah saudara satu ke rumah saudara lainnya. Silaturahmi kala Lebaran, juga kerap dimanfaatkan untuk saling memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan, untuk kembali suci. Dari sisi agama dan psikologi, berderet manfaat silaturahmi. Seperti yang diungkap Psikolog Universitas Tarumanegara Josephine Kinardi dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Balai Pengajaran & Pendidikan Islam Bandung Ustaz Asep Holid Firdaus:

1. Menjalani perintah Allah SWT

Syahida.com

 

Silaturahmi sering dicontohkan manusia paling mulia di muka bumi, Nabi Muhammad. Ketika ingin berdakwah dan menyebarkan Islam, beliau kerap bersilaturahmi terlebih dulu. Ini sesuai dengan perintah Allah dalam Surah An-Nisaa.

“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Q.S An-Nisaa’ : 1)

2. Membahagiakan Orang yang Dikunjungi 

Pixabay.com

 

Ini amat sesuai dengan sabda Rasul, yaitu amal yang paling utama adalah membuat orang berbahagia. Ini memberikan inspirasi bagi muslim untuk memperbanyak silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri. Tentunya, untuk membuat bahagia saudara atau teman yang dikunjungi.

“Janganlah begitu, bergembiralah! Demi Allah, Allah tidak akan menghinakanmu, selama-lamanya. Demi Allah! Sesungguhnya, kamu telah menyambung tali persaudaraan, berbicara jujur, memikul beban orang lain, suka membantu orang yang tidak punya, menjamu tamu, dan sentiasa mendukung kebenaran.” (HR Bukhari)

3. Memperpanjang Usia

Pixabay.com

 

Sering bertemu saudara dan teman bikin panjang usia? Hmm...Siapa yang tidak ingin? Soal ini, juga diperintahkan Sang Rasul.

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang, maka hendaklah ia bersilaturahmi”. (HR Bukhari)

4. Mengurangi Stres

 

Pixabay.com

 

Manusia, gak lepas dari stres. Stres sama kerjaan di kantor, stres tugas kuliah yang menumpuk, stres cicilan ini dan itu dan stres-stres lainnya. Salah satu obat menurunkan stres dari semua masalah itu ternyata gak susah, silaturahmi saja! Berbagi cerita, menangis dan tertawa bersama ternyata bisa mengurangi beban hidup. Ini karena pada dasarnya setiap manusia adalah mahluk sosial, manusia tidak dapat menjalani hidup dengan menanggung berbagai perasaan seorang diri. Kita perlu dukungan sosial, dan salah satu cara mendapatkan dukungan sosial adalah dengan silaturahmi.

5. Toleransi Umat Beragama

pgi.or.id

 

Saudara ataupun tetangga kita bisa saja berbeda keyakinan, dan hari raya merupakan momen yang tepat untuk saling mengunjungi. Tentunya agar hubungan makin erat.

Nah, tentu kamu pengen dong dapet sederet manfaat dari silaturahmi? Untuk kamu yang gadget freak, jauh-jauh ya dari gadget saat sedang bersama saudara atau teman. “Agar dalam bersilaturahmi hubungan bisa lebih kuat, lepaskan gadget untuk sementara, karena penggunaan gadget ketika bersilaturahmi bisa mengurangi hubungan yang terjalin. Jika kita lebih fokus dengan gadget, justru mengurangi makna silaturahmi itu sendiri,” tutur Josephine Kinardi.

Nah, dengan sederet manfaat silaturahmi, tunggu apalagi? Yuk kita perbanyak kunjungi uwa, om, tante, sepupu dan sahabat di Lebaran ini. Selamat bersilaturahmi!

DIYAS PRADANA

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments