EDITOR : DEWI RACHMAYANI

6 Juli 2016, 18:05 WIB

CHINA

Membentang di antara dua tebing di Zhangjiajie, Provinsi Hunan, Cina, jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia. Tingginya 300 meter di atas permukaan laut, panjangnya 430 meter, lebarnya 6 meter.

Belum diresmikan, namun jembatan ini telah mematahkan 10 rekor dunia, termasuk jembatan tertinggi untuk lokasi bungee jump. Nama jembatan spektakuler ini, Grand Canyon Zhangjiajie.

Grand Canyon Zhangjiajie, April 2016 (APTN)

 

Jembatan baru akan resmi beroperasi Juli 2016. Namun April kemarin, jembatan dibuka sementara untuk uji coba. Apa kata pengunjung?

Dua sosok yang cukup berani menjajal jembatan kaca ini adalah Fan Na dan Li Zan. Kesan utama mereka saat berada di atas jembatan? Sama seperti orang normal lainnya, takut! Menurut Fan Na, “Awalnya saya tidak terlalu takut. Lalu pelan-pelan saya sadar bahwa ini begitu menakutkan sehingga saya bisa saja jatuh dari tempat ini.”

Pendapat Li Zan kurang lebih sama, “Saya bisa merasakan kacanya bergetar ketika orang-orang lewat. Ini menakutkan, kepala saya tiba-tiba pusing, kaki saya gemetar. Tapi saya sangat suka perasaan ini.”

Fan Na dan Li Zan, April 2016 (APTN)

 

Seakan-akan berjalan di atas jembatan kaca kurang menegangkan, pengelola jembatan menambahkan keseruan. Tujuannya, menunjukkan kepada pengunjung kekuatan jembatan ini. Caranya, dengan membiarkan sebuah mobil berbobot 2 ton melintas di atas lembaran-lembaran kaca!

Mobil berbobot 2 ton melintasi jembatan kaca, April 2016 (APTN)

 

Belum cukup, lagi-lagi untuk menunjukkan kekuatan kaca, pengelola mempersilakan 30 orang secara berbarengan memukul kaca dengan palu. Salah satunya Yu Yang, seorang pelatih kebugaran, “Saya memukul lantai dengan seluruh kekuatan saya. Semua orang yang ada di sini melihatnya. Kami percaya kekuatan produk Cina.”

Pengunjung menguji kekuatan kaca, April 2016 (APTN)

 

Menggantung diantara dua bukit, setiap helai kaca mampu menahan bobot 30 orang secara bersamaan. Ini klaim Ma Liang, insinyur yang terlibat dalam pembangunan jembatan. “Ini kali pertama di dunia kita menggunakan helai kaca berukuran besar sebagai bagian dari struktur dan dapat dilalui”, kata Ma Liang.

Jembatan didesain oleh arsitek Haim Dotan. Pembangunannya menghabiskan biaya 500 miliar rupiah. “Ini kali pertama di dunia kita menggunakan helai kaca berukuran besar sebagai bagian dari struktur dan dapat dilalui”, kata Ma Liang.

Pemandangan di bawah jembatan, April 2016 (APTN)

 

Potongan kaca di jembatan ini diklaim kuat karena terdiri dari 3 lembar kaca anti gores dan anti pecah yang masing-masing memiliki ketebalan 1,5 cm. “Bahkan jika kaca-kaca ini terlihat remuk, tetap mampu menahan bobot 30 orang berlompatan di atasnya secara bersamaan,” kata Liy Wei, penyedia kaca dari pabrik kaca Fu Xin.

Beberapa tahun terakhir, di Cina terjadi perlombaan mendirikan jembatan kaca di ketinggian. Salah satunya yang berdiri di Taman Nasional Gunung Yuntai di Provinsi Henan. Namun, 2 minggu setelah selesai dibangun, retakan besar muncul di jembatan tersebut.

Namun, itu tidak menghentikan Cina untuk terus membangun, tentunya dengan kualifikasi yang membuat orang kian berdecak kagum, yaitu jembatan yang lebih panjang dan lebih tinggi!

Bagi seorang kakek berusia 86 tahun yang tinggal di desa tak jauh dari jembatan, Huang Minguo, pembangunan jembatan kaca ini, sebuah kemajuan di luar nalarnya, “Amat menakjubkan. Sesuatu yang kamu tidak pernah bayangkan akan bisa dibangun oleh manusia.”

APTN

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments