EDITOR : DEWI RACHMAYANI

6 Juli 2016, 22:10 WIB

TANGERANG SELATAN, INDONESIA

Anak-anak kesukaannya satu, bermain! Di rumah, di sekolah, bahkan di masjid. Namun saat anak-anak bermain di masjid, seringnya mereka akan ditegur orang dewasa karena dinilai menganggu kekhusyukan ibadah jemaah. Dampaknya, bisa membuat anak-anak enggan mendekati masjid.

Bocah di Masjid Al Aqsha, Juni 2016 (NET/ Ramang Praseno)

 

Namun, teguran tidak akan didapat anak-anak yang bermain di Masjid Al Aqsha di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Masjid ini istimewa karena memiliki program ramah anak. Tujuannya agar anak-anak mencintai masjid hingga kelak dapat tumbuh menjadi manusia yang berpegang teguh pada ajaran agama. Setiap pengurus pun diimbau untuk mengenal setiap anak yang berkunjung ke masjid ini. “Kita usahakan semua pengurus di sini mengenali masing-masing anak. Jadi meskipun bukan anak saya, kita hampir semua kenal dengan mereka. Sebaliknya mereka juga begitu. Nah ini salah satu cara yang menurut kami cukup efektif ketika saya coba mengingatkan ke mereka kalau mereka terlalu mengganggu. Insya Allah lama kelamaan mereka ada respect ke kami,” papar Alfitriandes Miter, Kepala Bidang Humas Masjid Al Aqsha.

Masjid Al Aqsha, Serp0ng, Juni 2016 (NET/ Ramang Praseno)

 

Ramahnya masjid diwujudkan lewat seringnya masjid mengadakan kegiatan untuk anak-anak. Mulai dari pengajian harian hingga pesantren kilat.

Agar orang dewasa dapat beribadah dengan lancar, pengurus masjid bahkan menyediakan area khusus anak-anak. Beragam permainan edukatif  ada di area bermain ini.

Pojok bermain khusus anak, Juni 2016 (NET/ Ramang Praseno)

 

Keramahan masjid terhadap anak, berdampak anak-anak senang menghabiskan waktu di sini, salah satunya Ayla. Bagi bocah 9 tahun ini, masjid merupakan rumah kedua. Ayla sering ke masjid, baik untuk salat 5 waktu atau sekadar bermain dengan teman. “Senang karena ada banyak temannya, fun juga. Nggak ada yang marahin,” tutur Ayla kepada reporter NET Febi Purnamasari, Juni 2016.

Bocah padati Masjid Al Aqsha, Juni 2016 (NET/ Ramang Praseno)

 

Tak hanya Ayla, teman-temannya pun menunjukkan kecintaan pada rumah ibadah. Kini mereka gemar bertandang ke masjid.

Anak-anak senang, orang tua pun tak kalah senang. Seperti dituturkan Atik Pramiasih, salah seorang warga yang tinggal tak jauh dari masjid, “Dengan adanya kids corner anak saya bisa bermain menggambar jadi tidak berkeliaran ke mana-mana, jadi area khusus dan itu juga ditempatkan di tempat yang aman.”

Yang dilakukan para pengurus masjid dan warga sekitar Masjid Al Aqsha, butuh kesabaran dan perhatian yang luar biasa terhadap anak-anak. Namun usaha mereka tidak sia-sia. Rangkulan mereka, kelak akan menghadirkan sosok-sosok yang mencintai agama.

FEBI PURNAMASARI

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments